Advertisement

Resep Lengkap Kue Putu Bambu Khas Medan Paling Enak

5/17/2015

Resep Lengkap Kue Putu Bambu Khas Medan Paling Enak | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Lengkap Kue Putu Bambu Khas Medan Paling Enak.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Resep Kue Putu, Resep Kue Tradisional, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Lengkap Kue Putu Bambu Khas Medan Paling Enak. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Lengkap Kue Putu Bambu Khas Medan Paling Enak


Resep kue putu bambu khas medan - Hai sahabat pecinta kue tradisional, mungkin anda sudah tahu dong apa yang akan admin bagikan ini dari judul saja anda pasti sudah tahu. Kue putu, ada yang sudah pernah merasakan kue putu namun yang akan admin bagikan adalah kue putu bambu bukan kue putu ayu ataupun kue putu beras. Untuk resep kue tersebut akan admin bagikan dipertemuan selanjutnya ya, sekarang kita fokus saja di resep kue putu bambu khas medan ini.

Cara membuat kue putu ini sudah sangat terkenal dengan cetakan dari bambu yang sangat spesial untuk penggunaannya. Salah satu ragam kudapan manis basah tradisional yang sangat populer pada nusantara itulah dia kue putu bambu. Jika di Medan populer dengan ciri rona putihnya, lain halnya jika di pulau Jawa dengan spesial tampilan rona hijau yang diperoleh berasal dari air daun suji. Daun suji merupakan pewarna hijau alami yang beraroma wangi, akan tetapi dalam cara lainnya dapat memakai pewarna hijau khusus makanan.
Baca juga: resep kue putu mayang gula merah

Resep Kue Putu Bambu Khas Medan Enak

Bicara soal kue putu bambu mungkin anda sering melihat jajanan ini dijajakan oleh para pedagang, tetapi di daerah admin putu bambu dijajakan menggunakan gerobak keliling. Sering nih admin membelinya seharga Rp. 1000,- (Seribu Rupiah) per kuenya. Tapi sekarang saya sudah nggak beli lagi jadi serasa kangen dengan rasa enak dari kue ini. Jadi hari inilah untuk mengobati rasa kangen tersebut admin akan membagikan resep kue putu bambu khas medan yang paling enak, mungkin kalian sudah penasaran dengan cara membuat kue putu bambu medan yang satu ini. Tapi ingat sahabat, jika ingin melakukan pencetakan kita tidak menggunakan bambu. Penasaran, mari kita bersama-sama mencobanya di dapur kesayangan masing-masing.
Simak juga: resep kue putu ayu gula merah
Resep Kue Putu Bambu Khas Medan

Bahan Membuat Kue Putu Bambu

  • 300 gram tepung beras
  • 20 lembar daun suji
  • 5 lembar daun pandan
  • 6 tetes pewarna makanan, hijau
  • 250 gram parutan kelapa parut
  • 1 sendok teh garam halus
  • 200 gram gula merah, iris halus
  • 200 ml air panas, mendidih

Cara Membuat Kue Putu Bambu Medan

  • Haluskan daun suji dan daun pandan, kemudian campur 1 sendok makan air.
  • Campur air daun suji yang didapat dari proses diatas dengan air panas, setengah sendok teh garam, dan pewarna.
  • Kukus tepung beras selama ± 20 menit, angkat
  • Tuang campuran diatas kedalam tepung beras lalu aduk rata dan saring adonan hingga berbutir
  • Ambil adonan lalu cetak kedalam mangkuk mini, tekan sampai padat dan lubangi tengahnya lalu masukkan irisan gula merah secukupnya. Lakukan hingga adonan habis, lalu kukus selama ± 25 s/d 30 menit.
  • Terakhir campur parutan kelapa dengan garam secukupnya, dan taburi pada kue putu yang sudah jadi. Kue putu bambu tanpa bambu selesai, hehe.
Baca juga: resep kue bangkit susu pandan
    Demikian resep kue putu bambu khas medan enak yang sudah admin bagikan kepada anda, silahkan mencoba. Jangan lupa bagikan resep ini untuk pembelajaran teman yang lainnya agar bisa belajar bersama kita disini, bagikanlah melalui sosial media yang anda miliki. Selamat mencoba, salam sukses dan salam pecinta kue nusantara. Silahkan untuk mengetahui artikel resep kue terbaru dari blog ini sahabat, caranya gampang banget yaitu dengan cara berlangganan gratis melalui email ya, semoga bermanfaat.
    Bagaimana bunda tentang artikel Resep Lengkap Kue Putu Bambu Khas Medan Paling Enak?
    Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
    Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.