Advertisement

Resep Cara Membuat Kue Bolu Macan dengan 9 Bahan Sederhana

2/08/2018

Resep Cara Membuat Kue Bolu Macan dengan 9 Bahan Sederhana | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Cara Membuat Kue Bolu Macan dengan 9 Bahan Sederhana.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Kue, Kue Basah, Kue Bolu, Resep Kue Basah, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Cara Membuat Kue Bolu Macan dengan 9 Bahan Sederhana. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Cara Membuat Kue Bolu Macan dengan 9 Bahan Sederhana


Resep Bolu Macan. Bolu Macan merupakan kue bolu tradisional khas dari daerah Bangka. Resepnya merupakan resep warisan turun temurun, dimana bahan yang digunakan untuk membuat bolu macan ini merupakan bahan natural tanpa adanya pengawet atau pewarna. 
Gambar Kue Bolu Macan

Kenapa Kue Bolu ini disebut Bolu Macan? Disebut Bolu Macan karena bolu ini menggunakan adonan coklat sehingga menyerupai motif kulit macan. Bahan yang biasa dipakai untuk membuat adonan bolu macan ini adalah tepung terigu, telur ayam kampung, mentega, gula dan juga coklat.

Dengan menggunakan telur ayam kampung dan mentega berkualitas baik menjadikan tekstur bolunya menjadi lembut dan warnanya terlihat natural. Well, jika bunda tertarik mencoba membuatnya resep bolu macan ini wajib bunda gunakan.


RESEP & CARA MEMBUAT KUE BOLU MACAN
----------------------------------------------------------------------

Bahan Adonan Bolu Macan :
  • 12 kuning telur
  • 400 gram mentega ( saya mix blueband dan palmia )
  • 400 gram gula halus
  • 300 gram terigu
  • 20 gram susu bubuk
  • 2sdm skm
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/2 sdt ovalet
  • 8 putih telur

Cara Membuat Kue Bolu Macan Yang Enak dan Cantik:
  1. Kocok mentega , gula halus , ovalet dan vanili sekitar 8 mnt dgn kecepatan tinggi. Turunkan kecepatan...masukkan kuning telur satu persatu sampai rata dan susu kental manis....naikkan lg kecepatan mixer. Kocok sekitar 8 mnt lg.
  2. Ayak terigu dan susu bubuk...turunkan sampai speed terendah...masukkan terigu bertahap. Cukup sampai rata aja. Matikan mixer.
  3. Kocok putih telur ditempat terpisah sampai kaku.
  4. Masukkan putih telur ke adonan kuning secara bertahap, aduk balik dengan spatula. Ratakan.
  5. Ambil 1/3 bagian adonan aduk dengan coklat bubuk dan pasta coklat.
  6. Siapkan loyang... Tuang adonan kuning... lalu lanjutkan tuang adonan coklat.. lakukan selang seling sampai adonan habis.
  7. Panggang adonan bolu macan dengan suhu pemanggangan 180 derajat sekitar 50mnt. Test tusuk...matang...keluarkan dr loyang. Dinginkan...potong2.

Selamat mencoba Resep Kue Bolu Macan diatas ya bunda.. Happy baking!.
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Cara Membuat Kue Bolu Macan dengan 9 Bahan Sederhana?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.