Advertisement

Cara Membuat Kue Lontar Cokelat Khas Papua Yang Enak

6/04/2015

Cara Membuat Kue Lontar Cokelat Khas Papua Yang Enak | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Cara Membuat Kue Lontar Cokelat Khas Papua Yang Enak.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Resep Kue Pie, Resep Kue Tradisional, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Cara Membuat Kue Lontar Cokelat Khas Papua Yang Enak. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Cara Membuat Kue Lontar Cokelat Khas Papua Yang Enak


Resep kue lontar cokelat - Hai sahabat pecinta kue nusantara, setelah kita berjalan-jalan ke Banjarmasin dan Jakarta sekarang kita akan mencoba resep kue lontar khas papua yang sudah terkenal manisnya. Mungkin sahabat mengenal kue pie susu karena kue ini hampir mirip dengan kue tersebut tetapi ada sedikit perbedaan dalam cara pengolahannya. Disebut dengan kue lontar karena kue ini hampir menyerupai sebuah wadah atau piring, umumnya masyarakat papua menyebut hal tersebut dengan sebutan lontar.

Resep Kue Lontar Cokelat Khas Papua Yang Enak

Bica tentang kue lontar tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas salah satu buah yang hanya ditemukan dibagian timur Indonesia ini dan dikawasan bagian pesisir jawa timur, yaitu buah lontar. Apa hubungannya kue lontar dan buah lontar, hubungannya yaitu sama-sama memiliki tekstur yang lembut dan segar. Akan tetapi untuk pembuatan kue lontar khas papua ini sama sekali tidak menggunakan bahan buah sedikitpun apalagi buah lontar. Tertarik dalam pengolahan resep kue lontar cokelat yang akan admin berikan untuk anda, langsung saja kita bersama-sama mengupas dengan singkat tentang cara membuat kue lontar papua, selamat mencoba.
Cara Membuat Kue Lontar Cokelat Khas Papua Yang Enak
Kue pie atau kue lontar khas papua

Bahan Membuat Kue Lontar

  • 250 gram tepung terigu
  • 450 gram susu kental manis cokelat
  • 10 butir kuning telur ayam
  • 150 gram margarin
  • 1 sendok teh rhum
  • Air panas secukupnya
  • 1 sendok teh vanili

Cara Membuat Kue Lontar Papua

  • Membuat kulit: Campurkan tepung terigu, vanili, margarin dan uleni hingga kalis lalu giling tipis. Masukkan kedalam piring cetakan lontar yang sudah diolesi mentega, sisihkan.
  • Membuat isi kue: Campur kuning telur yang sudah dikocok, susu kental manis cokelat, air panas, dan rhum.
  • Aduk hingga tercampur rata dan larut lalu saring dan masukkan kedalam adonan kulit
  • Panggang adonan selama ± 35 menit hingga matang, lalu angkat dan sajikan.

Demikian sahabat resep kue lontar cokelat khas papua yang enak untuk kita pelajari bersama-sama di blog ini. Semoga kue ini bisa menjadi referensi kita dalam mencoba mengolahnya ini, jadi sekarang admin minta anda bisa membagikan resep ini melalui jejaring sosial yang anda miliki. Tujuannya agar teman-teman kitapun bisa ikut belajar bersama kita sahabat, untuk anda yang sedang mencobanya baca dengan teliti ya resepnya jika mengalami kesulitan langsung tanyakan ke saya. Semoga bermanfaat sahabat, selamat mencoba dan salam kue tradisional Indonesia.
Bagaimana bunda tentang artikel Cara Membuat Kue Lontar Cokelat Khas Papua Yang Enak?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.