Advertisement

Resep Kue Putu Ayu Gula Merah Lembut Dan Enak Sederhana

6/18/2015

Resep Kue Putu Ayu Gula Merah Lembut Dan Enak Sederhana | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Kue Putu Ayu Gula Merah Lembut Dan Enak Sederhana.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Resep Kue Putu, Resep Putu Ayu, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Kue Putu Ayu Gula Merah Lembut Dan Enak Sederhana. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Kue Putu Ayu Gula Merah Lembut Dan Enak Sederhana


Resep kue putu ayu gula merah - Hai sahabat pecinta kue tradisional, coba tebak mau membuat apa kita hari ini. Mungkin teman-teman sudah pada tahu ketika membaca judul tulisan ini, benar sekali sahabat hari ini kita akan membahas tentang resep kue putu ayu enak lembut yang mungkin adalah salah satu resep kue basah favorit anda semuanya. Tetapi sahabat, sebelumnya kita akan memberitahukan kepada teman-teman yang belum tahu tentang kue ini. Jika soba pernah mengetahui dengan salah satu jenis kue putu yaitu putu bambu mungkin kalian akan gampang membayangkannya. (Baca Juga Resep Kue Putu Bambu Khas Medan Enak)

Resep Putu Ayu Gula Merah Sajian Sedap Lembut

Pada umumnya kue putu ayu dihiasi dengan parutan kelapa sehingga mempercantik bentuk kue tersebut. Pada paragraf sebelumnya saya berbicara tentang kue putu bambu, karena ingin membedakan antara resep putu ayu gula merah dengan putu bambu. Dari kedua jenis kue tersebut sebenarnya adalah jenis dari kue putu, namun untuk putu bambu terbuat dari satu jenis tepung yaitu tepung beras sedangkan putu ayu menggunakan dua tepung yakni tepung beras dan terigu. Jadi bagaimana kalau sekarang kita langsung mengetahui cara membuat kue putu ayu gula merah di dapur kesayangan kita masing-masing. (Lihat Juga Resep Membuat Kue Pukis Pandan Banyumas Istimewa)
Resep Kue Putu Ayu Gula Merah Lembut Dan Enak Sederhana
Putu ayu dengan campuran gula merah

Bahan Dasar Kue Putu Ayu

  • 100 gram tepung beras
  • 200 gram kelapa parut
  • 150 ml santan kelapa
  • 125 gram gula merah, disisir
  • 4 butir telur ayam
  • 75 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 150 gram tepung terigu
  • 2 sendok teh emulsifier
  • 75 gram gula pasir

Cara Membuat Kue Putu Ayu Gula Merah

  • Campur garam halus dan kelapa parut, lalu aduk hingga tercampur rata
  • Oleskan minyak pada dasar cetakan, kemudian masukkan sedikit campuran kelapa didasarnya dan padatkan. Lakukan pada semua cetakan kue putu ayu.
  • Campur dan kocok garam, telur, gula pasir, dan gula merah yang sudah disisir halus serta emulsifier. Kocok hingga mengembang, dan masukkan tepung beras dan terigu secara bertahap
  • Tuangkan santan pada adonan lalu aduk hingga tercampur rata, terakhir
  • Tuang adonan kedalam cetakan, lalu kukus kue putu ayu gula merah hingga matang kurang lebih ± 10 s/d 15 menit, lalu sajikan.


Demikian resep kue putu ayu gula merah lembut dan enak sederhana sahabat, jika anda ingin membuatnya lebih baik dicoba sekarang juga. Jika anda sedang menunggu kue tersebut masak, alangkah lebih baiknya anda membagikan resep ini kepada teman kita yang lainnya melalui jejaring sosial yang anda milik sahabat. Sekarang admin hanya berharap semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda semua dalam mempelajari resep kue tradisional ini, akhir kata admin ucapkan salam pecinta kue Indonesia.
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Kue Putu Ayu Gula Merah Lembut Dan Enak Sederhana?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.