Advertisement

Resep Kue Bawang Renyah dan Empuk

3/31/2017

Resep Kue Bawang Renyah dan Empuk | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Kue Bawang Renyah dan Empuk.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Cemilan, Aneka Kue, Cara Membuat Kue Bawang, Cara Membuat Kue Pancake, Kue Kering, Panduan Cara Membuat Kue, Resep Kue Lebaran, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Kue Bawang Renyah dan Empuk. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Kue Bawang Renyah dan Empuk


Aneka Resep Kue Komplit - Salah satu cemilan khas Lebaran yang paling mudah dibuat dan tidak memerlukan oven adalah kue bawang. Cemilan dengan kategori Kue kering ini hampir selalu ada disetiap rumah sebagai suguhan dan sajian bagi tamu yang datang. Cara membuat dan bahan-bahannya yang gampang dicari menjadi salah satu faktor mengapa jenis kue kering ini menjadi pilihan para ibu untuk dibuat sebagai cemilan kue lebaran.

Resep Kue Bawang Krispi
Kue Bawang Krispi - Via IG @ameitan891

Nah, dalam prakteknya.. Untuk membuat kue bawang senidri sebenarnya membutuhkan alat untuk membuat pasta/kulit, yaitu molen giling. Tapi jika anda tidak memiliki alat seperti i ni, Anda masih bisa mengakalinya dengan menggunakan alat lain, seperti misalnya roller pin/ penggiling adonan, selain itu anda juga bisa memakai botol bekas kecap atau sirup yang sudah dicuci bersih untuk membuat lembaran adonan.

Selesai adonan kue bawang digilas sesuai ketebelan yang Anda diinginkan, potong kecil-kecil dengan menggunakan pisau, dan bentuk sesuai kehendak dan kreasi masing-masing. Anda tidak perlu mengikuti pakem kue bawang harus seperti yang sudah ada sebelumnya. Dengan bentuk yang beda, kue bawang Anda akan tampillebih unik dan kreatif.
resep kue bawang renyah dan gurih ncc

Kemudian agar kue bawang tetap renyah untuk waktu lama dalam toples, gunakan tepung terigu berprotein sedang. Selain itu, ketika meniriskan kue bawang setelah selesai digoreng, usahakan minyak goreng sampai benar-benar tiris. Ini karena minyak goreng yang masih menempel pada kue, jika disimpan dalam wadah tertutup, maka akan mengakibatkan kue bawang menjadi cepat bau apek.
Nah, untuk praktek membuat kue bawang yang renyah dan empuk, berikut kami sajikan resep kue bawang yang bisa anda coba sendir di rumah. Simak dan simpan ya..!

Bahan-bahan:
  1. 250 gr tepung terigu protein sedang
  2. 2 butir telur
  3. 50 gr tepung tapioka
  4. 50 gr tepung, untuk taburan
  5. 75 ml santan kental
  6. Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:
  1. 2 butir bawang merah
  2. 2 sdm daun seledri dicincang halus
  3. 4 siung bawang putih
  4. 1 sdm garam

Panduan Cara Membuat Kue Bawang:
Step 1 : Campur tepung terigu, tepung tapioka, bumbu halus, telur, dan santan. Aduk dan uleni sampai bahan tercampur rata dan kalis. 
Step 2 : Masukkan daun seledri cincang. 
Step 3 : Siapkan alat penggiling pasta, giling adonan 3 kali hingga menjadi lembaran setebal 2 mm. 
Step 4 : Bentangkan di atas talenan, lalu bentuk sesuai selera. Bisa juga dibuat menjadi seperti batang korek api dengan cetakan pasta. Taburi dengan tepung terigu agar tidak saling lengket. 
Step 5 : Panaskan minyak wajan, goreng adonan hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. 
Step 6 : Setelah dingin, simpan dalam stoples kedap udara.

Kue Bawang yang barusan kita buat diatas jika disimpan dalam stoples kedap udara, kue ini mampu bertahan sampai 2 bulan, selama Anda memakai jenis minyak goreng yang berkualitas baik dan proses penirisan minyak dilakukan dengan benar. Selamat berkreasi dengan resep kue bawang dari admin Resep Kue Komplit. Jangan lupa untuk berbagi kisah sukses Anda dalam mempraktekkan resep dari blog ini  di kolom komentar ya..
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Kue Bawang Renyah dan Empuk?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.