Advertisement

Resep Kue Kembang Goyang Renyah dan Gurih

5/15/2020

Resep Kue Kembang Goyang Renyah dan Gurih | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Kue Kembang Goyang Renyah dan Gurih.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Cemilan, Kue Kering, Panduan Cara Membuat Kue, Resep Kue Lebaran, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Kue Kembang Goyang Renyah dan Gurih. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Kue Kembang Goyang Renyah dan Gurih


Cara Membuat Kue Kering Kembang Goyang - Kue Kering Kembang Goyang merupakan salah satu kue kering tradisional yang sering kita jumpai saat lebaran, dan sering disajikan sebagai cemilan dalam stoples untuk menjamu tamu. 

Darimana Asal muasal kue kembang goyang? 

Kue Kembang Goyang merupakan kue tradisional khas yang berasal dari Indonesia, yaitu Betawi. Ciri-ciri yang bisa kita lihat pada kue ini adalah bentuknya yang mirip seperti bunga, serta teksturnya yang renyah dan garing.

Kue Kembang Goyang

Kenapa disebut kue Kembang Goyang? 

Kue kering ini disebut Kembang Goyang karena saat menggorengnya cetakan harus digoyang-goyangkan di atas minyak panas agar kue terlepas dari cetakan.

Resep dan bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat kue kembang goyang? 

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue kembang goyang ini sebenarnya sangat sederhana dan cukup mudah didapatkan. Untuk membuat kue kering ini Anda perlu menyiapkan bahan-bahanya seperti tepung beras yang sudah diayak, tepung sagu yang sudah diayak, telur ayam,  gula pasir,  santan, kelapa, wijen putih, dan minyak goreng.

Bagaimana cara membuat kue kembang goyang agar renyah dan garing?

Nah, untuk membuat kue kembang goyang yang renyah dan garing, tahapan pertama yang harus Anda lakukan adalah mengocok telur ayam dan juga  gula pasrir hingga mengembang dan berbusa. Dilanjutkan dengan memasukkan bahan-bahan seperti garam, santan, tepung beras yang sudah diayak, tepung sagu yang sudah diayak, dan wijen putih. Adonan kue kembang goyang yang telah dicampur itu diaduk sampai tercampur rata dan licin (dibuat cuer saja). 


Bagaimana cara menggoreng Kue Kembang Goyang yang benar? 

Untuk menggoreng kue kembang goyang yang harus dilakukan yaitu panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak, kemudian celupkan cetakan kembang goyang kedalam adonan, usahakan jangan sampai permukaan cetakan ikut tertutup oleh adonan. Setelah minyak diwajan panas, masukkan cetakan yang sudah berbalut dengan adonan ke dalam minyak panas, ketika menggoreng jangan sampai cetakan menyentuh dasar wajan (Ngambang). Goreng sambil goyang-goyangkan cetakan sampai adonan terlepas dengan sendirinya dari cetakan. Jika adonan sudah berubah warna menjadi kekuningan, segera angkat dan tiriskan.

Untuk resep dan panduan selengkapnya silahkan lihat dibawah:

Bahan-bahan:

  1. 2 sdm tepung beras
  2. 1 sdm gula pasir
  3. 2 kuning telur
  4. 1 putih telur
  5. ½ sdt garam
  6. 100 ml santan kental
  7. Minyak secukupnya, untuk menggoreng

Cara membuat Kue Kembang Goyang: 


  • STEP 1 : Campur semua bahankecuali minyak goreng, aduk hingga tercampur rata dan saring. 
  • STEP 2 : Panaskan minyak goreng. 
  • STEP 3 : Rendam sebentar cetakan kembang goyang di dalam minyak panas lalu angkat. 
  • STEP 4 : Celupkan cetakan ke dalam adonan biarkan sebentar, lalu goreng hingga adonan terlepas dan berwarna kuning kecokelatan serta kering.  
  • STEP 5 : Angkat dan tiriskan. Lakuakn hal yang sama hingga adonan habis 
  • STEP 6 : Simpan kedalam toples kedap udara
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Kue Kembang Goyang Renyah dan Gurih?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.