Advertisement

Resep Kue Klepon Original With Daun Suji

4/30/2017

Resep Kue Klepon Original With Daun Suji | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Kue Klepon Original With Daun Suji.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Cemilan, Aneka Jajanan Pasar, Aneka Kue, Kue Basah, Panduan Cara Membuat Kue, Resep Klepon, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Kue Klepon Original With Daun Suji. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Kue Klepon Original With Daun Suji


Resepkuekomplit.com | Kue Klepon Orginal - Klepon atau kelepon (bhs: Jawa) merupakan salah satu jenis makanan tradisional atau kue tradisional dari sekian banyak jenis aneka kue dari Indonesia yang termasuk ke dalam jenis kategori jajan pasar.

Kue Klepon ini dibuat dari bahan dasar tepung beras ketan yang dibentuk mirip seperti bola-bola kecil yang kemudian diisi dengan gula merah didalamnya, lalu bulatan ini direbus kedalam air mendidih hingga kenyal menggumpal. Warna dari klepon agar lebih menarik dibuat warna-warni, biasanya ada yang putih atau hijau tergantung selera. Untuk membuat klepon warna hijau, perlu ditambahkan bahan pewarna alami yang bisa diambil dari daun suji atau daun pandan.

Kue Kelepon yang sudah masak kemudian dibaluri dengan parutan kelapa agar tercipta rasa yang gurih.. Jika kita membeli di pasar tradisional, untuk mempertahankan nuansa asli kue klepon maka disajikan dengan kemasan daun pisang.
Gambar Kue Klepon Original

>> 8 LANGKAH CARA MEMBUAT SERABI KUAH SANTAN SUPER LEZAT

Jajanan pasar kue Klepon ini biasanya dijajakan bersamaan dengan getuk singkong dan cenil sebagai makanan camilan di pagi atau sore hari.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat kue klepon sederhana dirumah. Berikut ini kami berikan resep kue klepon original super mudah yang bisa langsung dipraktekkan. Simak dan ikuti resep dan cara membuatnya dibawah ini:

Bahan-bahan

  1. 300 gr tepung ketan
  2. 4 sdm air mendidih
  3. 150 ml santan hangat
  4. 50 ml air daun suji
  5. ½ sdm air kapur
  6. 200 gr gula merah, sisir halus
  7. 1 butir kelapa agak muda, kupas, parut memanjang
  8. Garam secukupnya

Step by Step Cara membuat Kue Klepon Original:
STEP 1 : Siram tepung dengan air mendidih, aduk rata. Tambahkan garam, air daun suji, air kapur sambil dituangi santan sedikit demi sedikit. Uleni hingga adonan dapat dibentuk. 
STEP 2 : Ambil adonan sebesar kelereng, pipihkan lalu isi dengan gula merah yang telah disisir. Bentuk bulatan, lakukan hingga adonan habis. 
STEP 3 : Rebus bulatan klepon ke dalan air mendidih hingga mengapung. Angkat dan tiriskan. 
STEP 4 : Campur kelapa dan sedikit garam. Kukus dengan diberi daun pandan selama 5 menit. Angkat. 
STEP 5 : Gulingkan rebusan klepon pada kelapa parut kukus, sajikan klepon dalam mangkok daun kecil.

Dari resep kue klepon diatas dapat menghasilkan sekitar 6 bungkus kue.  
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Kue Klepon Original With Daun Suji?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.