Advertisement

Resep Cara Membuat Kue Donat Praktis, Enak, dan Empuk

5/01/2017

Resep Cara Membuat Kue Donat Praktis, Enak, dan Empuk | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Cara Membuat Kue Donat Praktis, Enak, dan Empuk.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Cemilan, Aneka Jajanan Pasar, Kue Basah, Panduan Cara Membuat Kue, Resep Donat, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Cara Membuat Kue Donat Praktis, Enak, dan Empuk. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Cara Membuat Kue Donat Praktis, Enak, dan Empuk


Resepkuekomplit.com | Cara Membuat Kue Donat Kentang -  Salah satu jenis kue dan jajanan yang paling banyak dicari yaitu donat. Banyak varian rasa kue donat yang bisa dibuat, dan donat yang paling terkenal dan paling disukai banyak orang saat ini adalah kue donat kentang. Dimana bahan dasar yang dipakai untuk membuat donat ini sebagian besar adalah kentang.

Untuk membuat donat yang enak, perlu beberapa langkah dan proses pembuatan yang harus dilakukan. Diantaranya adalah menyiapkan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat kue donat. Seperti pada artikel ini kita akan membuat kue donat kentang praktis dan sederhana, bahan-bahanya adalah tepung terigu, kentang rebus, mentega, telur ayam, dll. Sedangkan alat untuk membuat kue donat cukup memggunakan wajan untuk menggoreng saja.

Gambar Aneka Resep Kue Donat Lengkap

Lalu bagaimana dengan cara membuat kue donat kentang yang enak dan empuk? Agar hasil kue donat yang dibuat nantinya menjadi empuk dan enak, ikuti panduan cara membuatnya berikut ini. 

Bahan - Bahan Kue  Donat :

  1. Kentang yang digunakan sekitar 400 gram. Kentang ini di kukus terlebih dahulu lalu dikupas kulitnya, dan kemudian dihaluskan sampai lembut. 
  2. Siapkan tepung terigu dengan kualitas terbaik sebanyak 1 kilogram.
  3. Gunakan telur ayam sebanyak 6 hingga 7 butir dan yang digunakan hanya kuningnya aja, sedangkan bagian putih telurnya bisa digunakan untuk membuat kue  lain.
  4. Susu kental manis 1/4 gelas. Susu kental manis ini berguna untuk menambah kelezatan rasa dari  kue donat kentang yang akan dibuat.
  5. Siapkan juga Mentega sebanyak 1/4 kilogram.
  6. Ragi instan atau fermipan kira-kira 1 sendok makan peres.
  7. Gula pasir 100 gram hingga 150. Atau bunda bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.
  8. Air dingin atau agar hasilnya lebih bagus maka maka gunakan air kulkas secukupnya.
  9. Garam 1 sendok teh peres atau secukupnya.Garam ini berguna untuk menciptakan rasa.
  10. Minyak goreng secukupnya. Untuk membuat kue donat yang bagus sebaiknya gunakan minyak goreng yg berkualitas dan jangan menggunakan minyak goreng curah.


Cara Membuat Kue Donat Kentang Yang Enak dan Empuk:
STEP 1 : Kukus kentang dan kemudian haluskan.  
STEP 2 : Ambil wadah plastik yang besarnya cukup untuk menampung seluruh adonan. 
STEP 3 : Masukkan kuning telur dan kocok hingga tercampur sempurna. Selanjutnya tambahkan gula pasir, susu kental manis, ragi instan, dan juga mentega. Kocok lagi sampai semua bahan benar-benar tercampur terutama gula pasir. 
STEP 4 : Tambahkan kentang yang sudah dihaluskan tadi, kemudian remas-remas adonan menggunakan jari tangan. Jangan lupa masukkan juga garam secukupnya. 
STEP 5 : Setelah semua adonan bercampur sempurna, dekatkan tepung terigu dan air dingin supaya gampang ngambilnya. 
STEP 6 : Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan terus diremas. Jika dirasa adonan masih kering tambahkan air dingin sedikit lagi. 
STEP 7 : Adonan kue donat kentang yang bagus yaitu adonan yang tidak basah saat tangan anda memegangnya dan ketika anda meremas-remas tidak akan pecah dan tetap menyatu. 
STEP 8 : Siap adonan yang sudah jadi, kemudian di cetak sesuai selera anda. Anda bisa menggunakan cetakan donat bulat dengan lobang di tengah atau donat bulat tanpa lobang di tengah.

Cara Menggoreng Kue Donat Kentang Agar Tidak Bantat:


  • Langkah perama yang perlu dilakukan adalah dengan memanaskan minyak goreng dengan jumlah yg cukup. Usahakan nanti saat menggoreng donat, kue donat bisa ngambang atau tidak menyentuh dasar wajan. Jadi gunakan minyak goreng dalam jumlah yang banyak.
  • Ketika akan menggoreng donat, saat yang paling bagus adalah ketika adonan donat sudah mengembang sempurna.
  • Waktu mengangkat kue donat dari wajan penggorengan yaitu setelah warnanya berubah warna menjadi coklat muda.


Cara Penyajian Kue Donat Kentang Agar Tampilan Menjadi Lebih Menarik:

  • Anda bisa menyajikan kue donat kentang ini dengan berbagai cara agar tampilan lebih cantik dan menarik, beri saja taburan diatasnya dengan taburan gula halus, serbuk seires, coklat cair, dan bisa juga dengan hiasan lainnya.


Nah, demikian lah temen-temen semua pembahasan lengkap tentang resep kue donat kentang empuk yang sudah di lengkapi dengan petunjuk praktis cara mudah membuatnya. Selamat mencoba dan kami harap Anda tidak mendapat kesulitan ya.
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Cara Membuat Kue Donat Praktis, Enak, dan Empuk?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.