Advertisement

Cara Membuat Kue Putu Pesse, Kue Tradisional Khas Bugis Super Enak

12/27/2017

Cara Membuat Kue Putu Pesse, Kue Tradisional Khas Bugis Super Enak | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Cara Membuat Kue Putu Pesse, Kue Tradisional Khas Bugis Super Enak.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Cemilan, Aneka Kue, Beras Ketan, Kue Kering, Kue Putu, Kue Tradisional, Resep Kue Kering, Tepung Ketan, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Cara Membuat Kue Putu Pesse, Kue Tradisional Khas Bugis Super Enak. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Cara Membuat Kue Putu Pesse, Kue Tradisional Khas Bugis Super Enak


Kue Putu Pesse ini adalah kue tradisional khas Nusantara dari suku Bugis, salah satu suku yang ada di Sulawesi Selatan. Rasanya enak, lembut dan manis. Mengapa disebut Putu Pesse? Konon karena saat proses membuatnya adonan kue putu ini dimasukkan dicetakan sambil dipesse atau dalam bahasa Indonesianya ditekan-tekan biar padat.
Resep dan Cara Membuat Kue Putu Pesse Khas Bugis

Putu Pesse adalah panganan yang dibuat dari bahan dasar beras ketan yang sudah dikukus kemudian dijemur hingga kering, serta terdapat bahan tambahan seperti kelapa muda, gula susu bubuk dan lain-lain untuk memberikan rasa yang gurih dan enak. Sedangkan untuk cara membuatnya sebenarnya prosesnya tidak terlalu susah, hanya saja kita perlu waktu untuk menyangrai ketan sampai warna berubah menjadi kecokelatan sebelum dibuat menjadi putu pesse yang enak.

Jika anda ingin membuat kue Putu Pesse sendiri dirumah, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kue putu passe, seperti misalnya yang harus disiapkan adalah beras ketan (boleh ketan hitam atau ketan putih biasa), parutan kelapa muda, gula pasir, susu bubuk, garam dan sedikit minyak goreng. Sedangkan untuk alat cetakan kue putu passe, anda bisa memakai cetakan apa saja sesuai dengan bentuk dan karakter yang anda suka. Nah, untuk cara membuat Putu Pesse khas Bugis lebih simpelnya lagi, anda bisa lihat resepnya dibawah ini.


Resep dan Cara Membuat Kue Putu Pesse ala Bugis

Bahan-bahan

  • 500 gr ketan kering (ketan yang sudah dikukus dan dijemur sampai kering) boleh campur ketan hitam/putih.
  • 300 gr kelapa muda, buka kulit arinya lalu parut halus
  • 150 gr Gula Pasir
  • 60 gr Susu bubuk
  • secubit garam halus
  • 1 Sdm minyak goreng


Cara Membuat Putu Pesse yang Enak dan Manis:

Langkah Ke - 1 : Ketan yang sudah dikukus kemudian dijemur sampai kering. Tambahkan 1 sdm minyak goreng lalu dilanjutkan dengan disangrai menggunakan api kecil hingga warna menjadi coklat, dinginkan lalu blender dry mil, ayak dan sisihkan.

Langkah Ke - 2 : Campur ketan halus yang sudah diayak dengan parutan kelapa muda, gula pasir, garam, dan susu bubuk, campur hingga rata. Cipratkan sedikit air (asal lembab saja) aduk hingga rata.

Langkah Ke - 3 : Ambil cetakan (sesuaikan selera untuk bentuk cetakanya) masukkan adonan putu kedalam cetakan lalu di pesse (tekan-tekan) hingga kue menjadi padat.

Langkah Ke - 4 : Keluarkan kue putu pesse tadi dari cetakan dengan hati-hati biar tidak hancur. Kue Putu Pesse pun siap untuk di nikmati dengan segelas teh hangat.

Dalam prakteknya, proses membuat Putu Pesse ini perlu waktu yang lumayan panjang. Butuh waktu sekitar satu jam untuk membuat kue tradisional ini. Meskipun begitu, kerja keras anda saat bikin kue ini akan terbayar lunas dengan cita rasa dan kelezatan dari manisnya Putu Pesse ini. Selamat mencoba..!

Foto dan Gambar Kue Putu Pesse, Kue Tradisional Khas Bugis
Bagaimana bunda tentang artikel Cara Membuat Kue Putu Pesse, Kue Tradisional Khas Bugis Super Enak?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.