Advertisement

Resep Kue Getas Tepung Ketan Gurih dan Kenyal

12/15/2017

Resep Kue Getas Tepung Ketan Gurih dan Kenyal | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Kue Getas Tepung Ketan Gurih dan Kenyal.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Cemilan, Aneka Kue, Cookpad, Kue Basah, Resep Kue Basah, Tepung Ketan, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Kue Getas Tepung Ketan Gurih dan Kenyal. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Kue Getas Tepung Ketan Gurih dan Kenyal


Resep dan Cara Membuat Kue Getas Ketan - Minggu lalu kebetulan habis beli tepung ketan tapi belum sempat dibikin apa2, pas pengen buat cemilan enak dari ketan iseng-iseng search resep aneka olahan kue dari ketan yang simpel dengan kata kunci tepung ketan di google akhirnya nemu resep Kue Getas Tepung Ketan ini di dapur cookpad miliknya mba Anik Nur. Jika sesuai resep aslinya menggunakan kelapa parut, tapi disini kami hanya memakai santan instant saja.
Resep Kue Getas Ketan

Untuk membuat adonan getas ketan disini kami pakai tepung ketan kurang lebih 250 gram yang kemudian dibagi menjadi 3 bagian, adonan pertama kami bentuk menjadi bulat kelereng polos, adonan yang kedua dibentuk menjadi bulat kelereng yang diberi warna hijau, sedangkan pada bagian adonan yang ketiga saya bentuk lonjong. 
Gambar Cara Membuat Kue Getas Ketan

Oh iya.. Saat menggoreng Kue Getas Tepung Ketan sebaiknya hati-hati ya karena meletus2, jadi jangan dekat2 saat menggoreng dan memasukkan adonan kue ke wajan. Resep Kue Getas Tepung Ketan lengkapnya bisa ada di bawah yaa..

Bahan-bahan Untuk Membuat Kue Getas Tepung Ketan 

Bahan:
  • 3 sdm tepung sagu / tapioka
  • 250 gram tepung ketan
  • 130 ml santan instant
  • 1/3 sdt garam
  • Air Secukupnya 
  • Minyak goreng Secukupnya 


Bahan karamel :
  • 100 gram gula pasir
  • 100 ml air


Cara Membuat Kue Getas Ketan

Langkah Ke-1 : Campurkan bahan-bahan seperti tepung ketan, sagu dan garam, aduk hingga rata. Kemudian tambahkan santan kelapa, uleni dengan tangan.

Langkah Ke-2 : Tambahkan air sedikit demi sedikit dan uleni menggunakan tangan hingga kalis, sampai terbentuk adonan yang pas untuk dibentuk. 

Langkah Ke-3 : Bentuk bulatan2 kecil sebesar kelereng, bisa juga dibentuk lonjong atau bentuk lainnya.

Langkah Ke-4 : Goreng adonan dalam minyak panas, dengan api kecil agar tidak cepat gosong dan matang sempurna. (Hati2 ya karena saat digoreng adonan meletus2). Setelah matang angkat dan tiriskan.

Langkah Ke-5 : Membuat karamel : Campurkan gula pasir dan air dalam wajan, masak dengan api sedang sampai mendidih, aduk terus sampai air berkurang dan didapatkan cairan gula yang agak kental.

Langkah Ke-6 : Lalu segera masukkan kue getas yang sudah matang tadi kedalam cairan karamel, aduk sampai rata dan gula menempel sempurna serta mengkristal. Matikan api.

Langkah Ke-7 : Segera pindahkan kue getas pada wadah/ toples, tunggu sampai dingin kemudian tutup wadah/ toples. Atau segera nikmati manisnya kue getas.
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Kue Getas Tepung Ketan Gurih dan Kenyal?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.