Advertisement

Apa Itu Emulsifier? Dan Seperti Apa Bentuknya?

1/19/2018

Apa Itu Emulsifier? Dan Seperti Apa Bentuknya? | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Apa Itu Emulsifier? Dan Seperti Apa Bentuknya?.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Info, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Apa Itu Emulsifier? Dan Seperti Apa Bentuknya?. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Apa Itu Emulsifier? Dan Seperti Apa Bentuknya?


Apakah yang dimaksud dengan Emulsifier? Dan Seperti Apa Bentuknya?

Emulsifier atau zat pengemulsi adalah zat yang berguna untuk membantu menjaga kestabilan emulsi minyak dan air pada adonan. Umumnya emulsifier merupakan senyawa organik yang memiliki dua gugus, baik yang polar maupun nonpolar sehingga kedua zat tersebut dapat bercampur.

Emulsifier adalah bahan pengemulsi adonan kue. Adonan kue yang diberi tambahan bahan emulsifier tekturnya akan lebih stabil, adonan mudah mengembang, tercampur dengan sangat rata, tidak terlalu cair dan tidak terlalu padat, tidak mudah berubah karena pengaruh lingkungan. Contohnya jika adonan telur dan gula dikocok sampai busa, kemudian ditambahi emulsifier, maka akan menjadi lebih kental dan rata, dan tidak turun walaupun tidak langsung di oven. Sedangkan adonan yang tidak diberi tambahan emulsifier biasanya cenderung lebih encer, dan mudah turun kalau didiamkan lama (mengantri sebelum di oven). Karena merupakan bahan pembantu, saat membuat kue bahan emulsifier bisa dihilangkan(Boleh pakai atau tidak, Optional).

Di pasaran, emulsifier terkenal dan populer dengan sebutan nama TBM, Ovalet, SP, VX. Merk produk Emulsifier yang populer antara lain Sponge-28, Starkies, Koepoe-koepoe, dll.

Gambar dan Bentuk Bahan Kue Emulsifier
Gambar Emulsifier
Gambar dan Bentuk Emulsifier
Bagaimana bunda tentang artikel Apa Itu Emulsifier? Dan Seperti Apa Bentuknya??
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.