Advertisement

Resep Kue Biji Ketapang Empuk dan Renyah dari Tepung Beras

5/15/2020

Resep Kue Biji Ketapang Empuk dan Renyah dari Tepung Beras | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Kue Biji Ketapang Empuk dan Renyah dari Tepung Beras.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Cemilan, Aneka Kue, Kue Kering, Kue Tradisional, Makanan Khas, Resep Kue Kering, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Kue Biji Ketapang Empuk dan Renyah dari Tepung Beras. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Kue Biji Ketapang Empuk dan Renyah dari Tepung Beras


Cara Membuat Kue Biji Ketapang Manis Empuk dan Renyah dari Tepung Beras. Kemarin banyak saran dan pertanyaan yang masuk di inbox facebook seputar kue kering, beberapa temen ada yang tanya apa saja sih bahan resep kue biji ketapang dan bagaimana cara membuatnya agar kuenya bisa empuk dan renyah? Nah, berdasarkan banyaknya request resep yang masuk maka saya tuliskan disini untuk resep dan cara membuat cemilan kue biji ketapang yang menurut saya paling simpel dan gampang.
Cara bikinya mudah banget, bahan yang akan kita pakai juga murah dan ekonomis. Dan yang pasti kue ini bakal renyah, tahan lama, dan tidak cepet mlempem..

Resep dan Cara Membuat Cemilan Kue Biji Ketapang

Snack/cemilan ini adalah salah satu favorite keluarga. Biasanya beli sih, yg enak ada langganan di pasar palasari Bandung. Tapi bikin sendiri pun gak susah sebenarnya (modal "gak males" doang wkwkwk).. karena gak perlu pakai mixer dan oven.. pokonya simpel deh. Kali ini coba bikin basic resepnya dari mbak debbie @hidupku_sebagai_debbie . Rasanya enak, signature ala jadul karena gak dimodif bahan lain, ngepros (kalau kata orang sunda, renyah), dan juga gak terlalu manis.

Resep Cara Membuat Kue Biji Ketapang Manis, Renyah dan Empuk dari Tepung Beras

Bahan-Bahan:

  • 1 kg tepung terigu apa aja
  • 1/2 kg gula pasir(klw gak suka manis bisa di kurang)
  • 2 schet margarin
  • 1 sachet vanili
  • 1 butir kelapa kupas(parut)
  • 1 butir telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • minyak untuk menggoreng

Cara Membuat: 

  1. Campur gula, margarin, telur, vanili, dan garam. Aduk sambai semua bahan tercampur rata, Untuk mengaduknya boleh secara manual atau pakai mixer.
  2. Jika sudah, tambahkan kelapa parut sambil di aduk pakai tangan, tambahkan terigu terigu dan aduk2 terus sampai adonan tercampur rata.
  3. Bentuk adonan panjang kecil lalu di gunting, jika adonan kue biji ketang sudah selesai dibentuk semua tinggal di goreng deh.
NB: Gak usah pakai air lagi yh Bun...

Gambar Cara Membuat Kue Biji Ketapang Yg Renyah


Apa Itu Kue Biji Ketapang? Dan Seperti Apa Cara Membuatnya?

Kue Biji Ketapang adalah satu dari sekian banyak kue kering khas Betawi yang cukup terkenal, umumnya cemilan ini banyak disajikan pada saat hari lebaran idul fitri. Kue mungil ini banyak disukai karena rasanya yang gurih, manis, dan juga renyah. Sebenarnya tak perlu harus menunggu momen lebaran untuk membuatnya, karena kue biji ketapang ini cocok juga dijadikan sebagai camilan harian saat nonton TV. Buat saya, bikin kue biji ketapang itu sangat menyenangkan karena bahannya yang mudah didapat lagi ekonomis banget, cara membuatnya juga cepat, dan untuk buat biji ketapng tidak membutuhan alat apapun kecuali gunting. Kita hanya perlu menguleni dan membentuknya dengan tangan, memotong dengan gunting, lalu menggorengnya, sreng … sreng … maka jadilah kue biji ketapang ini. Nah, Resep dan panduan cara membuat kue biji ketapang gurin yg renyah sudah saya tuliskan diatas. Tinggal praktek tek sendiri dirumah yaa..

Bagaimana bunda tentang artikel Resep Kue Biji Ketapang Empuk dan Renyah dari Tepung Beras?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.