Advertisement

Resep Cara Membuat Kue Putu Mayang Original Yang Mudah dan Sederhana

1/10/2018

Resep Cara Membuat Kue Putu Mayang Original Yang Mudah dan Sederhana | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Cara Membuat Kue Putu Mayang Original Yang Mudah dan Sederhana.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Cemilan, Aneka Jajanan Pasar, Aneka Kue, Jajanan Khas Daerah, Kue Basah, Kue Putu, Makanan Khas, Resep Kue Basah, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Cara Membuat Kue Putu Mayang Original Yang Mudah dan Sederhana. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Cara Membuat Kue Putu Mayang Original Yang Mudah dan Sederhana


Resep dan Cara Membuat Kue Putu Mayang Betawi. Assalamualaikum... Ada yang kangen sama kue tradisional khas nusantara Putu Mayang? yang kangen, cuungg yaa! Kita buat putu mayangnya bareng-bareng. Kita bikin yang sederhana saja biar mudah buatnya, cetakan putu mayangnya harus kamu siapkan dulu ya biar gampang saat kita mau eksekusi.. Resep kue putu mayangnya sudah saya tuliskan di bagian bawah..
Gambar Resep dan Cara Membuat Kue Putu Mayang
#homemadefood #putumayang #uploadkompakan #uk1112 #foodphotography #indonesianfood #traditionalfood #hlfunbake #homemadelovers #tradisional #kuetradisional #jajananindonesia #petulo #putumayang #homemade #jajananjadoel #kuejadoel #doyanbaking #fotomasak #cucinandoarte #otcucino #friends_moms #lovers_home #lory_alpha_food #inthekitch_en #pics_at_home #shareresep #bisabikin #berbagiresep #makananendes #ykmk2014 #yukbelajarmasak #lovecookbake #resepyummy #cakedankue #doyanbikin


Resep dan Cara Membuat Kue Putu Mayang Dengan Cetakan Yang Mudah dan Praktis

Rebake by Hanhanny

BAHAN PUTU MAYANG:
  • 200 gr tepung beras
  • 50 gr tepung sagu
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 500 ml santan kekentalan sedang.
  • Pewarna makanan atau polosan putih saja.
  • Daun pisang Untuk Alas
  • Cetakan Putu mayang

BAHAN KUAH KINCA :
  • 100 gr gulamerah
  • 70 gr gulapasir (manis sesuai selera)
  • 500 ml santan kekentalan sedang
  • 1 kuning telur(kocok rata) bagi yg tidak suka bisa diskip
  • 1 sdm tepung beras larutkan dgn sdikit air.
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan.
  • (masak dan campurkan santan,gulamerah,gulapasir,daun pandan,masukan kuning telur saat santan blom mendidih,masukan tepung beras sbgai pengental,aduk rata dan didihkan,matikan api)

CARA MEMBUAT :
  1. Campurkan tepung beras+tepung sagu aduk rata,taruh dlam wadah tahan panas,kukus kurleb 20 menit sejak kukusan beruap dan mendidih.
  2. Didihkan Santan.
  3. Tuang Santan mendidih kedalam tepung beras+tepung sagu yg sudah dikukus,sedikit2,masukan gulapasir,garam aduk rata mnggunakan sendok kayu besar sampai adonan trcmpur rata.
  4. Bagi adonan mnjadi bberapa bagian utk mndptkn warna,beri pewarna makanan scukupnya sesuai selera(saya 2 warna aj putih dan merah eh pas dcmpur kok jd pink 😁)
  5. Tata daun pisang yg diolesi tipis minyak goreng masukan kdalam kukusan sbgai alasnya.
  6. Siapkan cetakan,masukan adonan kedalam cetakan,cetak diatas daun pisang yg jg diolesi tipis minyak goreng,lalukan hingga slesai.
  7. Masukan,tata dan kukus putu mayang dalam dandang kurleb 25-30 menit. (Diresep ini saya mndptkn 20 buah putu mayang ukuran sedang)
  8. Pindahkan Dalam Wadah,Bisa Disimpan dikulkas dan bisa dihangatkan kmbli.
  9. Sajikan Putu Mayang Dengan Kuah Kinca.
Apa Itu Kue Putu Mayam?


Putu mayang adalah salah satu kue tradisional yang dibuat dari bahan tepung kanji atau tepung beras yang menyerupai seperti mi, dengan bahan campuran santan kelapa, dan cara menyajikanya disajikan dengan kuah kinca atau gula jawa yang sudah dicairkan.

Kue Putu Mayang ini merupakan bagian dari kuliner dan makanan, cemilan khas Betawi. Akan tetapi, asal mula kue putumayang ini mungkin memiliki keterkaitan dengan jenis kue putu mayam dari India Selatan. Kedua kue ini memiliki bentuk dan tampilan yang sangat mirip, bahanya pun sama, adonan tepung kanji atau tepung beras yang dicetak menyerupai gumpalan mi. Meskipun begitu, kue putu mayang Indonesia punya sedikit perbedaan dibandingkan dengan putu mayam yang ada di India yang juga dapat ditemukan di Sri Lanka, Malaysia, dan Singapura. Gumpalan adonan pada putu mayang Indonesia lebih menyatu dan tebal dengan ukuran gumpalan yang kecil, sementara putu mayam khas India memiliki helai seperti mi yang lebih halus dan ukuran yang sedikit lebih lebar.

Putu mayam India
Memakan kue ini dapat dilakukan dengan menyiram gula merah dan santan, atau memberi tambahan sedikit taburan kelapa pada gula putu mayang tersebut.

Bagaimana bunda tentang artikel Resep Cara Membuat Kue Putu Mayang Original Yang Mudah dan Sederhana?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.