Advertisement

Resep Cara Membuat Roti Gulung Abon Breadtalk ( Floss Roll Bun) Yang Enak dan Gurih

2/26/2018

Resep Cara Membuat Roti Gulung Abon Breadtalk ( Floss Roll Bun) Yang Enak dan Gurih | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Cara Membuat Roti Gulung Abon Breadtalk ( Floss Roll Bun) Yang Enak dan Gurih.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Kue, Kue Basah, Resep Kue Basah, Roti, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Cara Membuat Roti Gulung Abon Breadtalk ( Floss Roll Bun) Yang Enak dan Gurih. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Cara Membuat Roti Gulung Abon Breadtalk ( Floss Roll Bun) Yang Enak dan Gurih


Masaksiana - Floss Roll Bun atau biasanya orang-orang menyebutnya roti gulung abon adalah salah satu varian savoury bread atau roti asin, karena rasanya yang sedikit asin gurih. Kue ini dibentuk dengan cara digulung dan dibagian dalamnya dilapisi dengan olesan saos mayoneise serta diberi taburan abon sapi yang melimpah menjadikan roti ini memiliki cita rasa yang gurih mengugah selera.

Rasanya manis dan gurih serta sedikit pedas, perpaduan antara gurihnya abon dan manis creamy dari olesan saos, taburan bawang daun dan wijen pun memberikan sentuhan rasa dan aroma yang khas pada roti ini. Bahan yang digunakan untuk adonan Floss Roll Bun ini sangat sederhana, proses cara membuatnya pun sangat mudah, bahkan bagi pemula sekalipun. Bunda pun bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah dengan resep dibawah ini..
Roti Gulung Abon Breadtalk ( Floss Roll Bun)

Bahan-bahan Roti Gulung Abon Floss Roll Bun Breadtalk:

Dough:
  • 250 gr tepung terigu protein tinggi (misal cakra)
  • 3 sdm gula pasir
  • 3 sdm munjung susu bubuk
  • 4 gr ragi (fermipan)
  • 1 telur ayam
  • 120 ml susu uht dingin (boleh air biasa)
  • 40 gr margarin
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt bread improver (boleh di skip)

Saos:(perbandingan mayo dan skm 2:1)
  • Mayonaise
  • Skm putih
  • Abon sapi

Olesan sebelum di panggang:
  • 1 butir kuning telur
  • potong kecil Daun bawang
  • Cabe merah besar buang biji potong kecil
  • Wijen
Baca juga: Resep Cara Membuat Coffee Bun Roti Boy Enak, Mudah dan Simpel

Caranya Membuat Roti Gulung Abon Floss Roll Bun Breadtalk:
  1. Campur semua bahan dough kecuali margarin dan garam, uleni sampai setengah kalis lalu masukkan garam dan margarin uleni sampai kalis elastis (gunakan mixer supaya tidak capek)
  2. Diamkan dough selama 1 jam sampai mengembang 2 kali lipat
  3. Setelah mengembang kempiskan dough, bentuk persegi panjang sesuai ukuran loyang gunakan rolling supaya rata. Giling sampai tipis karena nanti dough akan mengembang.
  4. Letakkan dough ke dalam loyang, oles dengan kuning telur dan taburi daun bawang, cabe, dan wijen diamkan selama 15 menit.
  5. Panggang dengan api sedang 170 derajat selama 30 menit menggunakan api bawah pada 15 menit pertama lalu api atas bawah sesuai oven masing2 (kalau pakai otang letakkan loyang pada rak atas dari awal sampai matang) sampai matang kekuningan.
  6. Keluarkan dari oven lalu balikkan pada kertas roti yang lebih besar ukurannya dari pada loyang, tunggu sampai hangat baru oleskan mayonaise yang telah dicampur dengan skm
  7. Taburi abon.
  8. Gulung perlahan dengan menggunakan kertas roti lalu ikat ujung2 gulungan dengan karet agar gulungan tetap padat dan diamkan sampai dingin (set).
  9. Buka gulungan dan potong2 roti menjadi beberapa bagian
  10. Celupkan/oles tiap ujung roti dengan campuran mayonaise dan skm lalu tempelkan abon sampai rata
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Cara Membuat Roti Gulung Abon Breadtalk ( Floss Roll Bun) Yang Enak dan Gurih?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.