Advertisement

Resep Semar Mendem Isi Abon Ekonomis 5 Bahan Sederhana

2/28/2018

Resep Semar Mendem Isi Abon Ekonomis 5 Bahan Sederhana | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Semar Mendem Isi Abon Ekonomis 5 Bahan Sederhana.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Jajanan Pasar, Aneka Kue, Kue Basah, Kue Tradisional, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Semar Mendem Isi Abon Ekonomis 5 Bahan Sederhana. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Semar Mendem Isi Abon Ekonomis 5 Bahan Sederhana


Masaksiana - Semar mendem adalah kue yang hampir mirip seperti kue lumpia. Ini bukan lagu semar mesem jaran goyang yg lagi ngehits itu yaa, melainkan kue tradisional khas Indonesia yang wajib kita lestarikan. Panganan Tradisional semar mendem ini dibuat dengan bahan beras ketan,  tepung terigu, telur, dan santan. Karena disini kita akan bikin semar mendem isi abon maka kita juga pakai abon (Pilihan abonya bebas, boleh abon sapi atau abon yang lain). Proses membuatnya kue ini dibungkus dengan kulit dadar atau crepe yang terbuat dari campuran telur dan tepung terigu yang dipanaskan dengan cepat sehingga bentuknya memadat. Mau coba? Yuk cuzz intip resepnya seperti apa..


RESEP SEMAR MENDEM ISI ABON

============================


Bahan Semar Mendem Isi Abon:

  • 250 gr beras ketan
  • 300 ml santan
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun salam
  • Abon sapi secukupnya

Bahan kulit Semar Mendem :
  • 125 gr tepung terigu segitiga
  • 2 butir telur 
  • 250 ml santan
  • 1/4 sdt garam

Caranya Membuat Semar Mendem Isi Abon Yang Enak:
  1. Cuci beras ketan, kukus hingga setengah matang kurleb 20 menit.
  2. Masak santan, garam dan daun salam hingga mendidih, matikan api. Masukkan ketan panas kedalam santan, aduk hingga terendam. Diamkan hingga santan terserap habis dan beras ketan memjadi aron. Kukus kembali selama 20 menit hingga matang. Angkat.
  3. Ambil 2 sdm ketan, pipihkan beri 1 sdt abon, lalu bulatkan dan kepal2 padat bentuk lonjong. Lakukan hingga ketan habis.
  4. Dadar, campur dalam wadah : tepung terigu, garam dan telur. Aduk rata sambil dituangi santan sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yg licin. Buat dadar tipis hingga matang. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Penyelesaian, ambil satu lembar dadar, letakkan ketan isi ditengahnya, lipat seperti amplop. Sajikan.
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Semar Mendem Isi Abon Ekonomis 5 Bahan Sederhana?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.