Advertisement

Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah

8/01/2014

Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah .

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Hidangan Pembuka, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah . Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah


MasakSiana | Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah - berbicara tentang telur asin , apakah anda suka dengan telur asin ? makanan yang terbuat dari bahan telur bebek ini memang memiliki citarasa yang asin namun sangat enak dinikmati . selain dimakan begitu saja sebagai camilan , telur asin sendiri juga sangat enak dan nikmat jika dijadikan sebagai teman nasi . enak gurih , semua tentunya menyukai telur asin .

Selain memiliki rasa asin yang enak , telur asin juga memiliki banyak kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh terutama anak kecil . maka dari itu telur asin salah satu makanan yang sangat baik untuk dijadikan lauk pendamping makanan si anak . telur asin memang sudah sangat terkenal diindonesia . namun telur asin sendiri adalah makanan khas dari daerah tegal , bumiayu dan sekitar nya .

Jika anda berpergian melewati kota tegal bumiayu pasti anda akan melihat pemandangan telur asin dimana-dimana . dari yang dipajang di deretan aneka toko pusat oleh-oleh atau warung di pinggir jalan . karena selaian terkenal dengan bawang merah nya , kota daerah tegal bumiayu ini memang terkenal sebagai pusat telur asin yang enak . memang begitu banyak telur asin yang ditawarkan diberbagai kota , namun beda kota beda pula akan rasa yang ditawarkan .

Nah pada kesempatan kali ini MasakSiana akan membagikan resep telur asin yang sangat enak dan rasanya tak kalah dengan khas daerah tegal bumiayu . resep telur asin yang MasakSiana bagikan memang tidak memakai abu atau batu bata dalam proses pembuatannya . namun anda dirumah tidak perlu kawatir akan telur asin yang dihasilkan , karena hasilnya tetap * masir * . seperti pada telur asin yang enak pada umumnya .

Untuk anda yang tinggal diluar kota atau di luar negeri . resep telur asin yang MasakSiana bagikan mungkin akan banyak membantu anda dalam cara membuat atau mengolah telur bebek menjadi telur asin . jadi untuk anda yang diluar kota atau di luar negeri yang kangen akan telur asin yang enak , anda harus membuat resep telur asin yang kami bagikan kali ini . nah untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara pembuatannya silahkan simak , catat atau praktek langsung dengan resep telur asin nya dibawah ini .

Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah

[MasakSiana.blogspot.com] Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah

Bahan-bahan Telur Asin Enak :

  • Telur bebek 10-30 butir ( usahakan pakai yang masih segar atau baru )
  • Garam 500 gram ( dapat menggunakan garam dapur , garam aksar , garamn gosok )
  • Air 1,5-2 liter 
  • Wadah toples yang berbahan plastik atau wadah yang dapat ditutup dengan rapat ( direkomendasikan menggunakan tupperware )

Cara Membuat Telur Asin Enak :

  1. Pertama yang anda lakukan adalah rendam tekur didalam air bersih kurang lebih selama dua menit . perhatikan saat merendam * jika telur mengapung * berarti telur tersebut jelek ( lebih baik jangan digunakan )
  2. Setelah itu bersihkan telur dengan menggunakan sabun atau spon hingga kotoran bersih , mengapa begitu ? tujuannya adalah agar kotoran tidak menyebabkan telur rusak saat proses pengasinan dilakukan .
  3. Kemudian keringkan telur bebek yang sudah dicuci bersih tadi , gosok dengan amplas halus sedikit . bertujuan agar pori-pori telur bebek terbuka , sebentar saja menggosoknya agar telur bebek tidak pecah .
  4. Jika sudah digosok lalu susun rapih telur bebek ke dalam toples atau tapperwer .
  5. Campur garam dan air ditempat lain , setelah garam larut menjadi air , tuangkan air garam tersebut kedalam toles atau tupperware yang berisi telur tadi .
  6. Dengan direndam dengan air garam telur bebek pun menjadi mengapung . dari solusinya adalah dengan menyiapkan kantong plastik ukuran 1 kilo gram yang diisi dengan air ( diisi 1/2 saja ) berfungsi untuk menindih telur agar telur bebek tenggelam sepenuhnya didalam air . dan pastikan seluruh bagian telur terendam dalam air .
  7. Selanjutnya tutup rapat toples atau tupperware , lalu diamkan selama 12 hari . namun jika ingin telur ayam yang *masir* biarkan selama tiga minggu , hasilnya tentunya akan lebih awet dan tahan lama .
  8. Terakhir masak telur bebek dengan direbus diair yang mendidih dengan api sedang selama kurang lebih satu jam . namun dapat juga dikukus dengan durasi waktu yang sama ( satu jam ) .

Nah itu dia bahan-bahan dan cara pembuatan Telur Asin yang enak dan *masir* nya . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah ini dirumah . buka juga informasi-informasi resep masanan atau masakan lainnya seperti Resep Membuat Ayam Tepung Saus Asam Manis Sedap yang wajib juga untuk anda membuatnya dirumah . terimakasih sudah membuka MasakSiana , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . sekian :)
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah ?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.