Advertisement

Resep Lengkap Kue Bolu Kemojo Khas Melayu Riau Enak

5/16/2015

Resep Lengkap Kue Bolu Kemojo Khas Melayu Riau Enak | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Lengkap Kue Bolu Kemojo Khas Melayu Riau Enak.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Resep Kue Bolu, Resep Kue Tradisional, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Lengkap Kue Bolu Kemojo Khas Melayu Riau Enak. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Lengkap Kue Bolu Kemojo Khas Melayu Riau Enak


Resep bolu kemojo khas melayu - Hai sahabat pecinta kuliner tradisional, ini admin ada sebuah ide resep yang didapat dari seorang teman suku melayu Riau, tepatnya terletak didaerah Kabupaten Kepulauan Meranti. Kue bolu kemojo atau lebih dikenal dalam bahasa Indonesianya adalah kamboja, kenapa disebut dengan kue kamboja. Mungkin dari yang sedang membaca masih ada turunan darah melayu bisa menjawabnya. Disebut dengan kue kamboja karena bentuknya menyerupai persis seperti bunga kamboja. Jadi saat ini anda sedang membaca cara membuat kue bolu kemojo di blog menu resep kue, mau tahu yang lebih lengkap ? Mari simak dibawah ini semuanya bunda.

Resep Kue Bolu Kemojo Khas Melayu Riau Enak

Pada dasarnya penyajian kue kemojo atau kamboja ini hanya terdapat pada acara-acara besar seperti hajatan, atau perayaan adat. Namun diera sekarang ini bolu kamboja sangat terkenal hingga kepelosok nusantara dengan memiliki citarasa yang manis, lembut dan legit. Jadi jika anda nantinya berada atau berkunjung ke Riau maka cicipilah kue kemojo langsung dari tanah melayu. Pokoknya seluruh daerah yang letaknya di Riau pasti akan mengetahui kue bolu yang satu ini. Tapi sekarang jika anda masih berada diluar Riau tidak ada salahnya untuk mencoba resep kue bolu kemojo khas riau ini, jadi tidak perlu lagi kesana. Sekarang mari kita belajar bersama di dapur kesayangan masing-masing dan inilah dia cara membuat bolu kemojo khas riau, silahkan baca resepnya kemudian langsung dicoba.
Baca juga: resep kue tart kukus praktis
Resep Kue Bolu Kemojo Khas Melayu Riau

Bahan Kue Bolu Kemojo

  • 250 gram tepung terigu
  • 200 gram mentega, cairkan
  • 200 gram gula pasir
  • 2 cangkir santan kental
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 5 butir telur ayam
  • 1/2 sendok teh bubuk vanilla
  • 3 lembar daun pandan
  • 1 cangkir air, untuk larutan pandan
Lihat juga: resep kue black forest

Cara Membuat Bolu Kemojo Khas Riau

  • Campur tepung terigu, vanilla, garam halus. Aduk sampai merata.Campur air dan daun pandan kedalam blender, haluskan dan saring.
  • Kocok gula dan telur hingga berbuih, campurkan santan, mentega dan tepung. Aduk lalu satukan kedalam semua adonan dan aduk kembali hingga seluruh adonan tercampur merata.
  • Tahap selanjutnya, panaskan cetakan khas bolu kamboja kemudian tuangkan adonan lalu panggang dengan suhu 170° Celcius ± 30 menit lamanya hingga kue matang.
  • Tahap terakhir angkat kue dari cetakan, letakkan kedalam piring dan sajikan.
Keterangan: Jika tidak mempunyai cetakan khusus, silahkan gunakan loyang kecil.
Demikian sahabat tentang resep kue bolu kemojo khas melayu riau enak ini, jadi silahkan anda mencobanya sekarang juga. Setelah berhasil kemudian perkenalkanlah hasil karya tangan anda ini kepada teman-teman anda atau sajikan untuk hidangan ketika arisan. Cukup sampai disini dulu tulisan resep yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang tertulis ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semuanya khususnya untuk bunda cantik disini. Selamat mencoba dan salam pecinta kue tradisional.
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Lengkap Kue Bolu Kemojo Khas Melayu Riau Enak?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.