Advertisement

Resep Kue Apem Bakar Gula Merah Tradisional Khas Manado

8/03/2015

Resep Kue Apem Bakar Gula Merah Tradisional Khas Manado | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Kue Apem Bakar Gula Merah Tradisional Khas Manado.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Resep Kue Apem, Resep Kue Tradisional, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Kue Apem Bakar Gula Merah Tradisional Khas Manado. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Kue Apem Bakar Gula Merah Tradisional Khas Manado


Resep kue apem bakar gula merah - Hai sahabat Masaksiana yang mencinta resep kue basah tradisional nusantara, setelah admin membagikan tentang resep kue apem mekar hari ini pula admin akan berbagi tentang cara membuat kue apem gula jawa yang sangat spesial. Agak berbeda dengan pembuatan pada kue apem pada umumnya, kue yang akan kita olah ini menggunakan cara penyelesaian dengan memanggang atau dengan cara membakar diatas api, bisa juga langsung pada oven yang sudah anda miliki. Mungkin anda sudah tahu tentang kue apem ini, maka dari itu saya tidak lagi menjelaskan apa itu kue apem dan asal kue apem itu sendiri. (Baca Juga Resep Kue Apem Tepung Beras Kukus Mekar Tradisional)

Resep Kue Apem Gula Merah Tepung Terigu Tradisional

Bagi anda yang sudah mencoba cara membuat kue apem kukus mekar, mungkin anda juga harus mencoba juga resep kue apem gula merah panggang ini sahabat sebagai tambahan resep kue yang selama ini sudah anda ketahui ataupun sebagai tambahan pengetahuan anda dibidang resep makanan enak ini. Tanpa memperpanjang waktu lagi sekarang saya akan mengajak anda untuk melihat bahan dan cara membuat kue apem bakar gula merah pada blog ini. Mungkin agak sedikit berbeda karena resep ini adalah resep kue apem tepung terigu, jadi tidak menggunakan tepung beras sahabat. Untuk saat ini anda bisa langsung mencobanya di dapur kesayangan anda masing-masing sahabat, selamat mencoba dan selamat belajar bersama kami disini. (Simak Juga Resep Kue Sagon Keju Bakar Tepung Kanji Betawi Enak)
Resep Kue Apem Bakar Gula Merah Tradisional Khas Manado
Kue apem panggang atau apem bakar gula merah

Bahan Kue Apem Gula Merah

  • 200 gram tepung terigu
  • Garam halus secukupnya
  • 250 ml santan kelapa
  • 1 butir telur ayam
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 3 sendok teh soda kue
  • 150 gram gula merah, direbus

Cara Membuat Kue Apem Bakar Gula Merah

  • Campur soda kue, garam, dan tepung terigu lalu aduk hingga merata
  • Campur air gula merah, telur dan santan kelapa, kemudian kocok hingga berbuih
  • Masukkan campuran air gula merah dan santan kedalam campuran tepung terigu sambil diaduk hingga tercampur rata dan licin
  • Tuang minyak goreng kedalam adonan, lalu aduk rata kembali dan biarkan adonan selama 20 menit
  • Siapkan loyang atau cetakan dan olesi dengan minyak, lalu panaskan
  • Tuangkan adonan kedalam cetakan, biarkan hingga setengah matang dan tutup permukaan cetakan. Angkat dan panggang lagi sisi yang satunya hingga matang, kemudian angkat dan letakkan kedalam wadah, selesai.


Demikian resep kue apem bakar gula merah tradisional tepung terigu panggang yang sudah berhasil saya tulisan pada pertemuan kita kali ini sahabat. Jangan lupa untuk membagikan resep sederhana namun sangat spesial untuk kita semua, caranya sangat mudah yaitu anda hanya perlu membagikan tulisan ini melalui jejaring sosial yang anda miliki tujuannya adalah agar teman-teman kita yang lainnya juga ikut mencicipi resep yang sudah didokumentasikan ini. Semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi sahabat semuanya, selamat mencoba dan salam super kue Indonesia.
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Kue Apem Bakar Gula Merah Tradisional Khas Manado?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.