Advertisement

Resep Kue Apem Tepung Beras Kukus Mekar Tradisional

8/03/2015

Resep Kue Apem Tepung Beras Kukus Mekar Tradisional | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Kue Apem Tepung Beras Kukus Mekar Tradisional.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Resep Kue Apem, Resep Kue Kukus, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Kue Apem Tepung Beras Kukus Mekar Tradisional. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Kue Apem Tepung Beras Kukus Mekar Tradisional


Resep kue apem beras kukus - Hai sahabat pecinta kue tradisional Indonesia, sudah lama sekali ya admin tidak memberikan beberapa resep kue basah tradisional nusantara setelah hampir satu bulan setelah lebaran kemarin. Mungkin anda semua sudah kangen dengan admin dan untuk mengurangi rasa kangen itu maka admin akan membagikan satu buah resep yang sangat mudah untuk anda buat sahabat, yaitu cara membuat kue apem jawa yang mungkin sudah pernah anda dengar sebelumnya sahabat. Jadi untuk hari ini admin akan menulis berbagi resep tentang kue yang telah menjadi makanan dan sajian tradisi di Indonesia. (Baca Juga Resep Kue Mangkok Gula Merah Tanpa Tape Mekar Merekah)

Resep Kue Apem Tepung Beras Kukus Mekar Tradisional

Resep kue apem beras mekar - Di daerah Cirebon propinsi Jawa Barat tepatnya memiliki sebuah tradisi dengan menyajikan kue apem ini sebagai upacara adat. Mungkin lain halnya didaerah tempat anda, kemungkinan berbeda dalam menyajikannya. Akan tetapi resep kue apem beras kukus ini sangat banyak peminatnya, tidak terkecuali admin sahabat. Admin sangat menyukai kue yang satu ini, karena rasanya yang enak dan kemudian bisa diolah dengan berbagi bahan seperti ditambah gula merah, tape, dan lain sebagainya. Maka dari itu saya akan mengajak anda untuk mencoba mengetahui cara membuat kue apem kukus mekar ini melalui dapur kesayangan anda masing-masing, agar kita bisa mencoba belajar bersama-sama. (Simak Juga Resep Kue Cucur Gula Merah Berserat Khas Betawi Spesial)
Resep Kue Apem Tepung Beras Kukus Mekar Tradisional
Kue apem mekar dengan warna merah jambu

Bahan Kue Apem Kukus

  • 500 gram tepung beras
  • 300 gram gula pasir
  • 2 sendok teh garam halus
  • 1 bungkus ragi instan
  • 800 ml air hangat
  • 450 ml santan kelapa

Cara membuat Kue Apem Kukus Mekar

  • Campur ragi instan dengan 60 ml air hangat dan 2 sendok makan gula pasir, aduk dan sisihkan
  • Masukkan campuran ragi kedalam 550 ml air, kemudian aduk dan campur kedalam tepung beras
  • Campur santan, garam kedalam 250 ml air kemudian rebus hingga gula larut, dan angkat
  • Tuang adonan santan kedalam campuran tepung beras, aduk hingga merata dan diamkan selama satu jam, kemudian tuang kedalam loyang atau mangkuk
  • Kukus selama 20 s/d 25 menit hingga matang dan mekar, selesai.


Demikianlah resep kue apem tepung beras kukus mekar tradisional yang sudah saya bagikan pertama kali dalam minggu ini untuk anda semuanya sahabat. Selanjutnya akan kita bahas tentang resep kue apem bakar gula merah, jadi sebelum dilanjutkan kesana alangkah baiknya teman-teman mencoba resep ini terlebih dahulu baru kemudian mencoba resep kue lainnya. Sekarang anda bisa mencoba membagikan resep ini melalui jejaring sosial yang sudah anda miliki selama ini sahabat, agar teman-teman yang lainnya juga ikut mencoba belajar bersama kita disini, selamat mencoba dan salam pecinta kue tradisional.
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Kue Apem Tepung Beras Kukus Mekar Tradisional?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.