Advertisement

Resep Kue Lumpang Gula Merah Santan Yang Enak Sederhana

10/02/2015

Resep Kue Lumpang Gula Merah Santan Yang Enak Sederhana | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Kue Lumpang Gula Merah Santan Yang Enak Sederhana.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Resep Kue Basah, Resep Kue Lumpang, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Kue Lumpang Gula Merah Santan Yang Enak Sederhana. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Kue Lumpang Gula Merah Santan Yang Enak Sederhana


Resep kue lumpang gula merah - Assalamualaikum sahabat pecinta kue Indonesia, hari ini pada awal bulan sepuluh ini admin kembali lagi meng-update beberapa kue tradisional yang mungkin bisa anda coba dirumah anda masing-masing. Namun sebelumnya pasti anda semua akan bertanya-tanya, apa itu kue lumpang dan bagaimana rasanya serta cara membuat kue lumpang gula merah tersebut. Jika anda masih ingat dengan pempek Palembang, maka kue ini masih saudaraan dengan pempek tersebut hehe, karena asal kue ini berasal dari kota Palembang sahabat. Terbuat dengan tepung sagu dan tepung beras juga beberapa bahan pendukung lainnya. Tentang rasa tidak perlu diragukan lagi, sekarang kita langsung akan membahas resep kue basah ini sahabat. (Baca Juga Cara Membuat Kue Cubit Green Tea Setengah Matang Spesial)

Resep Kue Lumpang Ncc Gula Merah Sederhana Sajian Sedap

Sekarang saatnya anda untuk mengetahui bagaimana cara membuat kue lumpang gula merah yang enak ini agar dapat disantap bersama keluarga tercinta anda ketika berkumpul nantinya. Maka dari itu admin menulis untuk membagikan resep membuat kue lumpang ini untuk kita semua sahabat. Baiklah tanpa berbasa-basi lagi sehingga memperpanjang kalimat dari penulisan ini saatnya kita coba untuk mempraktekkannya masing-masing. Oya sahabat, selain gula merah ada juga kue lumpang dengan rasa pandan kemudian pembuatannya juga bisa menggunakan tepung kanji dan tepung terigu, untuk kedua tepung tersebut akan kita bahas dilain waktu ya. (Simak Juga Resep Kue Lapis Tepung Beras Susu Rose Brand Surabaya)
Resep Kue Lumpang Gula Merah Santan Yang Enak Sederhana

Bahan Dasar Kue Lumpang

  • 300 gram tepung sagu
  • 250 ml air bersih
  • 400 ml santan kelapa
  • 150 gram tepung beras
  • 4 sendok makan larutan kapur sirih
  • Kelapa parut secukupnya
  • Garam halus secukupnya
  • 300 gram gula merah, sisir secara halus

Cara Membuat Kue Lumpang Gula Merah

  • Campur gula merah serta air, lalu rebus hingga gula larut dan mendidih. Saring.
  • Campurkan tepung beras dan sagu, lalu tuang air gula dan larutan kapur sirih, uleni hingga kalis
  • Masukkan santan kedalam adonan, aduk hingga merata
  • Tuang adonan di dalam cetakan, kukus selama kurang lebih 30 s/d 40 menit lamanya
  • Setelah matang, keluarkan kue lalu dinginkan dan gulirkan pada kelapa parut, sajikan. Selesai.
Demikian resep kue lumpang gula merah santan yang enak sederhana sahabat, lain kali akan membahas kue lumpang lainnya yang berasal dari pulau bangka. Jadi sekarang jangan lupa untuk mencobanya dan membagikan resep ini kepada teman-teman kita lainnya melalui jejaring sosial yang sudah anda miliki sahabat agar kita bisa sama-sama belajar hehe. Akhir kata saya ucapkan terimakasih karena telah setia menjadi pembaca tulisan-tulisan yang sangat bermanfaat ini, sampai jumpa dilain kesempatan, salam pecinta kue Indonesia.
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Kue Lumpang Gula Merah Santan Yang Enak Sederhana?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.