Advertisement

Cara Membuat Kue Lupis Dari Ketan Hitam Yang Enak

2/23/2016

Cara Membuat Kue Lupis Dari Ketan Hitam Yang Enak | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Cara Membuat Kue Lupis Dari Ketan Hitam Yang Enak.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Resep Kue Kukus, Resep Kue Lupis, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Cara Membuat Kue Lupis Dari Ketan Hitam Yang Enak. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Cara Membuat Kue Lupis Dari Ketan Hitam Yang Enak


Cara membuat kue lupis ketan hitam - Hai sahabat masaksiana berjumpa kembali bersama kami disini untuk memberikan satu resep kue lupis ketan tradisional khas betawi. Mungkin anda sudah pernah mengetahui tentang resep kue lupis ketan yang satu inikan ? Nah jika belum mengetahuinya akan admin berikan penjelasan singkat tentang apa itu kue lupis yang enak satu ini. Kue lopis yang terkadang orang sering menyebutnya merupakan kuliner Indonesia yang terletak di pulau jawa. Jajanan manis yang terbuat dari beras ketan baik hitam ataupun putih biasanya ditambahkan kelapa parut dan juga gula aren atau gula merah sebagai kuahnya. Pada umumnya kue yang juga terdapat di banjarmasin ini disantap ketika sarapan atau pelengkap minum teh disore hari. Bentuk yang sering dikenal dengan ciri pola segitiga ini memiliki rasa yang enak dan lezat, selain itu pula bentuk kue ketan ini juga berbentuk memanjang serta bulat.

Lihat Juga: Resep Kue Lumpur Labu Kuning Kukus Fatwah Bahalwan

Untuk resep cara membuat kue lupis segitiga ini bahannya jelas menggunakan beras ketan, namun ada juga loh yang menggunakan ubi ataupun singkong dan terlihat lebih tradisional serta dalam membuat kue ini kadang dibutuhkan atau tanpa kapur sirih loh sahabat. Kemudian juga lupis ini memiliki biasanya memiliki warna putih ataupun hijau. Pada umumnya pembuatannya menggunakan ketan putih, namun kali ini kita akan mengolah menggunakan ketan hitam dan pastinya lupis ini nantinya berwarna hitam dan tidak bisa dikasi warna lagi. Untuk tektur kue lupis yang enak satu ini sama seperti dari bahan ketan putih namun perbedaannya agak sedikit lengket sahabat.

Pada beberapa orang ketika mencicipi kue lupis yang ini memiliki dua cara yaitu ditambahkan dengan kuah gula merah dan kemudian ada pula memakannya dengan tambahan potongan duren, jadi memakannya lupis dan duren disantan secara bersamaan, pastinya juga lebih nikmat sahabat. Biasanya untuk mendapatkan kue lupis dari ketan ini bisa anda beli di warung-warung sekitar rumah anda, resep kue lupis ketan ini bisa jadi referensi bagi anda yang berada di pulau sumatera, kalimantan hingga papua jika ingin mencicipi kue yang enak ini dapat mencobanya sendiri loh. Gampang banget kok mengolahnya, langsung saja ya admin bagikan cara membuat kue lupis ketan hitam ini dan silahkan anda bentuk sendiri, bisa bulat, segitiga atau bentuk apapun, selamat mencoba.
Cara Membuat Kue Lupis Dari Ketan Hitam Yang Enak

Simak Juga: Resep Kue Pukis Keju Enak Istimewa Empuk Sederhana

Bahan Kue Lupis Ketan

  • 250 gram gula merah
  • Kelapa parut secukupnya
  • Daun pisang secukupnya
  • 500 gram ketan hitam
  • 3 lembar daun pandan, dipotong
  • Air untuk merebus secukupnya
  • 500 gram ketan hitam

Cara Membuat Lupis Ketan Hitam

  • Pertama rebus gula merah dengan air, saring lalu simpan kewadah bersih.
  • Potong daun pisang lalu panggang sebenar pada api kecil, dan bersihkan dengan kain.
  • Bentuk daun pisang seperti kerucut atau corong lalu isi dengan ketan hitam yang sebelumnya sudah dibersihkan, cukup dengan satu sendok makan saja isinya. Lipat dan akan terlihat berbentuk segitiga, lalu tusuk menggunakan lidi agar bisa matang sempurna ketika merebus.
  • Masukkan air kemudian rebus, disaat air sudah panas lalu masukkan beras ketan hitam yang sudah dibungkus tadi, tunggu selama satu jam, lalu angkat dan tiriskan dan siap disajikan.
  • Terakhir cara penyajiannya, buka lupis dari bungkusan lalu letakkan kedalam wadah, taburi parutan kelapa dan siram dengan air gula merah. Anda bisa mencicipinya dengan buah durian juga sahabat, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Resep Kue Lapis Legit Keju Enak dan Lembut Spesial

Demikian resep cara membuat kue lupis dari ketan hitam yang enak sahabat, jadi bagaimana ? Tertarik untuk mencicipinya, silahkan anda ikuti semua langkah-langkah yang telah kami berikan berikut tersebut. Jangan lupa juga bagikan resep itu melalui jejaring sosial yang anda miliki seperti twitter, facebook, dan lain sebagainya. Agar teman kita yang lainnya belum mengetahui ada tulisan terbaru bisa mengetahui juga seperti anda. Semoga bermanfaat dan salam menu kue.
Bagaimana bunda tentang artikel Cara Membuat Kue Lupis Dari Ketan Hitam Yang Enak?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.