Advertisement

Cara Membuat Sambal Goreng Krecek Khas Yogyakarta Yang Lezat

3/22/2016

Cara Membuat Sambal Goreng Krecek Khas Yogyakarta Yang Lezat | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Cara Membuat Sambal Goreng Krecek Khas Yogyakarta Yang Lezat.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Resep Sambal, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Cara Membuat Sambal Goreng Krecek Khas Yogyakarta Yang Lezat. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Cara Membuat Sambal Goreng Krecek Khas Yogyakarta Yang Lezat


MasakSiana - Aneka Resep Masakan dan Minuman Serta Cara Membuatnya. | Apakah anda pernah menyantap sajian gudeg jogja? bila sudah pernah, mungkin anda ingat satu pelengkap yang pokok ada didalamnya, yaitu adalah sambal goreng krecek. Sambal goreng krecek pokok disajikan bersama dengan gudeg. Hal tesebut tidak terlepas dengan rasa gudeg yang sangat manis sehingga harus dikombinasikan dengan sambal goreng krecek yang gurih dan juga pedas. Kombinasi dari keduanya rupanya bisa menghasilkan satu paduan yang nikmat dilidah. Menurut warga dari Yogyakarta, makan nasi gudeg tidak ditemani dengan sambal goreng krecek rasanya kurang lengkap. Masakan tersebut dibuat dari krecek atau biasa dikenal dengan kulit sapi.

Nasi gudeg dan juga sambal goreng krecek tersebut banyak dijual dirumah makan ataupun dipinggir jalan. Anda bisa membelinya kapan pun anda inginkan. Tetapi kebanyakan, menu tersebut laris di jam pada saat sarapan dan juga jam lepas malam.
Apabila anda tidak tinggal di Yogyakarta, mungkin agak susah untuk mendapatkan rumah makan ataupun warung yang menyediakan tersebut dengan resep asli. Maka dari itu saya akan memberikan resep sambal goreng krecek supaya anda dapat membuatnya sendiri dirumah. Berikut ini adalah cara pembuatan dan juga bahan-bahan yang diperlukan.

Resep Sambal Goreng Krecek Khas Yogyakarta
https://masaksiana.blogspot.com - Cara Membuat Sambal Goreng Krecek Khas Yogyakarta Yang Lezat, cara bikin sambal goreng krecek khas yogyakarta yang nikmat

Bahan-Bahan Untuk Bikin Sambal Goreng Kreck Khas Yogyakarta Yang Enak:
  • Sediakan krecek atau biasa disebut dengan kulit sapi sekitar 150 gram.
  • Sediakan santan encer dari 1/2 butir buah kelapa sekitar 1.000 ml.
  • Sediakan cabe rawit 15 buah.
  • Sediakan lengkuas 4 cm, lalu memarkan.
  • Sediakan daun salam 3 lembar.
  • Sediakan serai 1 batang, lalu memarkan dan simpulkan.
  • Sediakan minyak goreng 3 sdm.
  • Sediakan gula merah yang sudah disisir sekitar 1 sdm.
  • Sediakan air sesuai kebutuhan.
Bumbu-Bumbu Yang Harus Dihaluskan:
  • Sediakan bawang merah 6 butir.
  • Sediakan bawang putih 4 siung.
  • Sediakan cabe merah keriting 5 buah.
  • Sediakan terasi bakar skitar 1/2 sdt.
  • Sediakan garam sesuai kebutuhan.
Cara Membuat Sambal Goreng Krecek Khas Yogyakarta Yang Nikmat:
  1. Rendamlah krecek dalam air sesuai kebutuhan. Minyak yang berlebihan serta kotoran akan terlihat mengapung di air, buang airnya kemudian dinginkan kreceknya.
  2. Panaskanlah minyak, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi keatas minyak yang telah dipanaskan.
  3. Aduk-aduk hingga wangi, setelah itu tambahkan serai, daun salam, dan juga lengkuas. lalu aduk-aduk sampai rata.
  4. Masukkan santan encer sambil diaduk-aduk perlahan sampai mendidih.
  5. Tambahkan krecek, lalu masak dengan menggunakan api sedang sambil sekali-sekali diaduk sampai santan tersisa 1/4 bagian.
  6. Tambahkan cabe rawit utuh, lalu masukkan gula merah, aduk-aduk lagi sampai bumbu meresap dan juga matang.
  7. Setelah itu angkat dan sajikan.
Apabila anda merasa bingung untuk membeli krecek dengan kualitas yang baik, pilihlah krecek khusus untuk sayur maupun untuk sambal goreng krecek. Bila anda memakai krecek dengan kualitas kurang baik biasanya akan mudah hancur pada saat dimasak. Demikian resep cara membuat sambal goreng krecek khas yogyakarta yang saya bagikan kali ini semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.
Bagaimana bunda tentang artikel Cara Membuat Sambal Goreng Krecek Khas Yogyakarta Yang Lezat?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.