Advertisement

Cara Membuat Sambal Terong Yang Enak Dan Lezat

3/22/2016

Cara Membuat Sambal Terong Yang Enak Dan Lezat | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Cara Membuat Sambal Terong Yang Enak Dan Lezat.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Resep Sambal, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Cara Membuat Sambal Terong Yang Enak Dan Lezat. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Cara Membuat Sambal Terong Yang Enak Dan Lezat


MasakSiana - Aneka Resep Masakan dan Minuman Serta Cara Membuatnya. | Terong adalah salah satu botani yang dianggap sayur padahal sebetulnya terong termasuk kedalam kelompok buah-buahan. tanaman terong tersebut terdiri atas beberapa kultivar. Salah satu yang paling banyak dikonsumsi yaitu terong ungu. Berbeda dengan terong yang lainnya yang cenderung bulat, terong ungu yang satu ini memanjang seperti bentuk mentimun. Terong ungu tersebut sangat gampang sekali ditemukan dinegara kita indonesia. bahkan dapat tumbuh liar dihalaman rumah. Selain itu juga, kelebihan dari terong ini yaitu sehat. Oleh sebab itu, mengkonsumsi terong merupakan pilihan cerdas. Salah satu bentuk olahan terong yang paling disukai yaitu sambal terong. Kombinasi rasa pedas dan juga manis terong memang juara. Apabila anda mau mencoba, berikut ini saya bagikan resep cara membuat sambal terong yang simple dan mudah untuk anda ikuti.

Resep Sambal Terong
https://masaksiana.blogspot.com - Cara Membuat Sambal Terong Yang Enak Dan Lezat, resep bikin sambal terong yang nikmat

Bahan-Bahan Untuk Bikin Sambal Terong Yang Nikmat:
  • Sediakan terong ungu sekitar 1/2 kg.
  • Sediakan air putih 150 ml.
  • Sediakan kecap manis 1 sdm.
Bumbu-Bumbu Yang Diperlukan:
  • Sediakan bawang merah 5 siung.
  • Sediakan bawang putih 2 siung.
  • Sediakan cabe merah 75 gram.
  • Sediakan tomat 1 buah.
  • Sediakan garam 1 sdm.
  • Sediakan vetsin 1/2 sdt, dapat anda ganti dengan jenis penyedap yang lainnya. Bila tidak ingin memakai penyedap, gantikan dengan gula pasir, takarannya sesuai dengan keinginan anda.
  • Sediakan gula merah yang sudah disisir sekitar 1 sdm.
Cara Membuat Sambal Terong Yang Enak:
  1. Bersihkanlah bagian tangkai dari terong ungu, buang bagian itu. Setelah itu belah terong menjadi 2 lalu cuci bersih dengan air yang mengalir, kemudian goreng terong namun tidak boleh terlalu matang. lalu angkat dan taruh diwadah.
  2. Haluskan semua bumbu misalnya seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, serta tomat.
  3. Panaskan wajan dan beri minyak secukupnya, lalu tumis bumbu halus tadi, apabila aroma wanginya sudah tercium lalu masukkan garam, gula merah dan juga penyedap rasa.
  4. Masukkan air, kedalam tumisan dan aduk-aduk sampai tercampur sempurna.
  5. Ketika tumisan mendidih, masukkan terong ungu 1 per satu dan masak sampai air menyusut dan terong ungu nampak layu dan juga matang. Setelah itu angkat dan hidangkan selagi hangat.
Nah, Bagaimana? sambal terong ini lumayan gampang sekali bukan? Bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat gampang kita dapatkan. Bila mau variasi yang lebih, anda dapat menambahkan bahan-bahan yang lain misalnya seperti ikan teri, pete, ebi dan juga yang lainnya. Mungkin cuman itu resep cara membuat sambal terong yang saya bagikan kali ini semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.
Bagaimana bunda tentang artikel Cara Membuat Sambal Terong Yang Enak Dan Lezat?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.