Advertisement

Resep Kue Lumpur Pisang, Manis Legit dan Teksturnya yang Lembut

5/02/2017

Resep Kue Lumpur Pisang, Manis Legit dan Teksturnya yang Lembut | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Kue Lumpur Pisang, Manis Legit dan Teksturnya yang Lembut.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Cemilan, Aneka Jajanan Pasar, Aneka Kue, Kue Basah, Panduan Cara Membuat Kue, Resep Kue Lumpur, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Kue Lumpur Pisang, Manis Legit dan Teksturnya yang Lembut. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Kue Lumpur Pisang, Manis Legit dan Teksturnya yang Lembut


Resepkuekomplit.com | Cara Membuat Kue Lumpur Pisang - Kue lumpur merupakan salah satu variasi penganan ringan atau cemilan dengan bahan baku utamanya adalah santan, pisang, tepung terigu, dan juga telur. Sebagai bahan pewangi makanannya menggunakan vanila ataupun daun pandan. Sedangkan untuk bagian toppingnya seringkali menggunakan hiasan kismis dan kelapa muda iris di permukaannya.

Kue lumpur ini tergolong dalam kategori jajanan pasar tradisional kue basah sehingga tidak tahan disimpan dalam waktu yang lama. Sehingga setelah kue ini selesai dibuat, harus segera disajikan. Biasanya penganan jajanan pasar ini dihidangkan untuk menu jamuan saat acara arisan maupun acara kumpulan.

Ada beberapa macam jenis olahan Kue Lumpur yang sudah populer dikalangan masyarakat kita, adapun resep kue lumpur yang biasa kita temui antara lain adalah Kue lumpur rasa kentang, kue lumpur kismis dan juga kue lumpur rasa pisang. 

Aneka Resep Kue Lumpur Lengkap

Untuk membuat kue Lumpur Pisang, ada beberapa resep yang bisa Anda coba pakai. Khusus resep disini, kue basah ini diolah hanya dengan menggunakan bahan-bahan dasar yang mudah seperti tepung terigu, pisang, telur, santan, baking powder, gula, margarin, dan tidak lupa juga bahan pengembang makanan dan pewangi makanan (vanili). 

Hasil olahan panganan Kue Lumpur Pisang yang dibuat dengan cinta akan menghasilkan kue dengan rasa yang manis dan tekstur yang sangat lembut serta rasanya yang nikmat. Dibawah ini adalah resep lengkap serta bahan-bahannya untuk membuat Lumpur Pisang selengkapnya.

Bahan-bahan Kue Lumpur :

  1. Tepung terigu 75 gram 
  2. Baking powder ½ sdt 
  3. Vanili bubuk ½ sdt 
  4. Margarin 3 sdm 
  5. Pisang raja matang, haluskan 150 gram 
  6. Telur 2 butir, pisahkan putih dan kuningnya
  7. Santan kental 300 ml dari ½ butir kelapa
  8. Air 200 ml 
  9. Garam 1 sdt 

Proses dan Panduan Cara Membuat Kue Lumpur :
STEP 1 : Ayak tepung terigu dengan baking powder dan vanili bubuk. Sisihkan. 
STEP 2 : Masak air dan margarin hingga mencair sambil diaduk-aduk hingga rata. 
STEP 3 : Masukkan campuran tepung terigu dan pisang raja yang telah dihaluskan, aduk hingga tercampur rata. Angkat. 
STEP 4 : Masukkan telur dan tuang santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. 
STEP 5 : Panaskan cetakan kue lumpur yang sebelumnya telah dioelsi margarin. Masukkan 2 sendok adonan ke masing-masing cetakan. 
STEP 6 : Panggang dengan api yang sedang sampai matang.  
STEP 7 : Angkat dan Sajikan

Jika kita menggunakan jumlah takaran bahan diatas, biasanya kita bisa membuat sekitar 30 buah kue lumpur. Untuk membuat dalam jumlah banyak tinggal Anda perkirakan saja berapa jumlah bahan yang dibutuhkan. Selamat mencoba..
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Kue Lumpur Pisang, Manis Legit dan Teksturnya yang Lembut?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.