Advertisement

Resep Membuat Kue Rangin Enak Sederhana

12/07/2017

Resep Membuat Kue Rangin Enak Sederhana | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Membuat Kue Rangin Enak Sederhana.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Cemilan, Aneka Kue, Kue Kering, Kue Tradisional, Makanan Ringan, Panduan Cara Membuat Kue, Resep Kue Kering, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Membuat Kue Rangin Enak Sederhana. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Membuat Kue Rangin Enak Sederhana


Resep dan Cara Membuat Kue Rangin - Kue Rangin adalah salah satu panganan tradisional dengan rasa yang gurih dan lezat. Kue ini memiliki banyak sebutan nama yang berbeda di beberapa daerah. Jika di Surabaya makanan ringan ini biasa disebut kue rangin, dan di Jakarta lebih populer dengan sebutan kue pancong, sedangkan di daerah Bandung kue ini sering disebut kue bandros. 
Resep Dan Cara Membuat Kue Rangin Enak Sederhana

Umumnya kue rangin ini dibuat dari bahan tepung beras, tepungketan, gula, santan, dan parutan kelapa. Cara membuatnya biasanya dengan dicetak dan dipanggang menggunakan alat cetakan kue rangin, namun bisa juga menggunakan alat masak lain seperti teflon atau cetakan kue pukis. 
Resep Dan Cara Membuat Kue Pancong Enak Sederhana


Bahan-bahan Kue Rangin:
  • 150 gr tepung beras
  • 80 gr tepung ketan
  • 400 ml santan
  • 50 gr kelapa yang tidak terlalu tua, parut
  • 2 sdm gula
  • 1/2 sdt garam
  • margarin untuk oles


Panduan Lengkap Cara Membuat Kue Rangin Step by Step:

1. Masak santan hingga matang menggunakan api sedang, aduk-aduk perlahan jangan sampai pecah.

2. Campur bahan tepung bersama kelapa parut, gula, dan garam. Aduk rata. Tuang santan sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan kental. 

3. Panaskan cetakan kue rangin, olesi permukaan cetakan dengan margarin, lalu tuang adonan ke cetakan. Tutup dan masak dengan api kecil sampai kering dan adonan kue rangin matang.

4. Angkat dan keluarkan kue rangin panggang dari cetakan.

Nb: Jika tak punya cetakan kue rangin, anda bisa menggunakan alternatif lain seperti cetakan kue pukis atau kue lumpur. Selamat mencoba.
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Membuat Kue Rangin Enak Sederhana?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.