Advertisement

Resep Onde-Onde Kentang Empuk Anti Kempes

12/05/2017

Resep Onde-Onde Kentang Empuk Anti Kempes | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Onde-Onde Kentang Empuk Anti Kempes.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Jajanan Pasar, Aneka Kue, Aneka Onde-onde, Kentang, Kue Basah, Kue Tradisional, Resep Kue Basah, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Onde-Onde Kentang Empuk Anti Kempes. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Onde-Onde Kentang Empuk Anti Kempes


Resep dan Cara Membuat Onde-Onde - Onde-onde adalah sejenis kue tradisional atau panganan jajanan pasar yang sangat populer di Indonesia. Dari data wikipedia, Onde-Onde ini sangat terkenal di daerah Mojokerto, sehingga kota yang ada diwilayah Jawa Timur ini mendapat julukan kota onde-onde, tercatat sejak zaman Majapahit onde onde ini sudah menjadi menu makanan khas kerajaan. 
Resep Cara Membuat Onde-Onde Kentang Empuk Anti KempesOnde-onde pada umumnya terbuat dari bahan dasar tepung terigu ataupun tepung ketan yang dimasak degan cara digoreng atau direbus, dibagian permukaannya diberi taburan biji wijen. Ada beragam jenis variasi kue onde-onde, yang paling terkenal adalah onde-onde yang dibuat dari bahan tepung ketan dan di dalamnya diisi dengan kacang hijau. Sedangkan untuk variasi lain, ondeonde hanya dibuat dari bahan tepung terigu yang diberi warna pada bagian permukaannya seperti putih, merah, atau hijau.  Variasi jenis ini sering dikenal sebagai onde-onde gandum, yaitu onde-onde khas dari kota Mojokerto.
onde-onde tepung ketan - Resep Kue Komplit

Nah, dibagian ini Resep Kue Komplit akan membagikan tips dan cara mudah membuat onde-onde goreng anti kempes. Cara membuatnya ternyata gampang dan ketika digoreng onde-onde pun tidak gampang meletus, Rahasianya yaitu ada pada kentang. Ini resepnya.

Bahan-bahan Untuk membuat Onde-onde:
  • 250 gr tepung ketan
  • 130 gr kentang kukus, haluskan saat hangat
  • 180 ml air hangat
  • 2 sdm tepung beras
  • 4 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam


Bahan isi Onde-onde:
  • 100 gr kacang hijau kupas/secukupnya (rendam selama 1 jam)
  • 100 ml santan cair
  • 50 gr gula pasir/secukupnya
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • sejumput garam


Bahan celup:
  • biji wijen
  • air secukupnya


Cara Membuat Onde-onde Sederhana Agar Tidak Kempes:

1. Untuk membuat kulit onde-onde, campurkan bahan-bahan seperti tepung ketan, kentang, gula dan garam. Tuangi campuran bahan dengan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.

2. Timbang adonan dan bentuk menjadi bulatan, masing-masing kurang lebih 20 gr, atau dikira-kira saja.

3. Cara membuat bahan isi onde-onde, Kukus kacang hijau rendam. Saat hangat-hangat kuku, blender halus dengan ditambahkan santan. Tuangkan kacang hijau blender ke dalam panci dan kemudian dimasak, masukkan gula, garam dan vanili. Masak hingga matang dan padat.

4. Pipihkan kulit dan isi dengan kacang hijau. Bulatkan hingga tidak ada lubang. Celup ke air dan gulung ke wijen. 

5. Panaskan minyak goreng dengan api agak kecil. Jika minyak sudah agak hangat, masukkan onde-onde.

6. Goreng hingga matang kecokelatan, sesekali saja diaduknya.

7. Setelah matang, tiriskan dan siap dinikmati selagi hangat.

Dengan takaran resep dan perpaduan bahan yang pas dijamin Onde-Onde Kentang Wijen Kacang Hijau yang anda buat tidak akan kempes dan meletus saat digoreng. Selamat mencoba. Happy Banking!
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Onde-Onde Kentang Empuk Anti Kempes?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.