Advertisement

Resep Bolu Pisang Original

1/09/2018

Resep Bolu Pisang Original | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Bolu Pisang Original.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Kue, Cake, Cookpad, Kue Basah, Kue Bolu, Pisang, Resep Cookpad, Resep Kue Basah, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Bolu Pisang Original. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Bolu Pisang Original


Cara Membuat Bolu Pisang Original. Assalaamualaikum. Selamat pagi.. Kemaren saya rebake bolpis alias bulu pisangnya mba say ku lestarisahidin, rasanya enaaaak banget, kebetulan kan saya dikasih pisang gede gak tau apa nama pisangnya pkknya bentuknya seperti pisang uli tapi jumbo banget 😂😂 jd jangan tanya apa namanya soalnya saya bukan ahli pisang deh ya,,. Makasih mba say resep nya 😘😘
Gambar Bolu Pisang Original
#bolupisang #olahanpisang#cakedankue #belajarbaking #belajarbikinkuesendiri #bakingcookingpemula #doyanbaking #doyancake2 #doyanmakan #shareresep #resepkue #fotokue #anekaresepkuedanmasakan #foodpics #foodism #instafoodie #hobbybaking #homebaking #lovebaking #instalike #loveit

RESEP BOLU PISANG ORIGINAL
Thankyou for baking @my_rahelta 

Bahan :
  • 4 butir telur
  • 170 gr gula pasir
  • 400 gr pisang ambon yg sudah matang haluskan 300gr tepung terigu protein sedang
  • ¼ sdt bubuk kayu manis (kalo tidak suka bisa di skip)
  • ½ sdt Baking powder
  • ½ sdt soda kue
  • 100 gr margarin *me butter (lelehkan campur dengan 100 ml minyak sayur dinginkan)
  •  toping sesuai selera

Cara Membuat:

Langkah Ke-1 : Panaskan oven 180°C

Langkah Ke-2 : Kocok telur & gula sampai kental mengembang masukkan pisang yg sudah dihaluskan mikser lagi sampai rata

Langkah Ke-3 : Turunkan speed masukkan terigu sedikit2 yg sudah dicampur sama baking powder,kayu manis dan soda kue

Langkah Ke-4 : Matikan mixer masukkan margarin cair aduk balik dengan spatula

Langkah Ke-5 : Setelah benar2 rata, tuang ke dalam Loyang yg sudah dioles mentega dan d taburi tepung, kemuadian tabur toping diatas permukaan adonan

Langkah Ke-6 : Oven selama kurang lebih 45 menit (sampai matang) sesuaikan dengan oven masing2 ya..

Resep Kue Bolu Pisang Panggang dan Bolu Kukus Sederhana Empuk Lembut dan Cara Membuat Adonan Banana Cake Anti Bantat Tanpa Mixer. 


Kue Bolu dari Pisang ini merupakan kue basah modern yang terbuat dari bolu berbahan dasar pisang dengan tekstur yang lembut. Kue ini sebenarnya bukan merupakan kue asli nusantara, akan tetapi memang sudah sejak lama kue bolu panggang ataupun bolu kukus ini menjadi salah satu kue kesukaan masyarakat kita. Tekstur kuenya yang lembut dengan aroma dan citarasa pisang memang enak dan menggugah selera. Karena kuatnya aroma pisangnya, banyak yang menyebutnya juga kue pisang. 

Resep bolu pisang panggang ini sebenarnya memang bukan merupakan resep kue asli negara Indonesia. Di luar negeri sana kue bolpis ini dikenal dengan sebutan banana cake. Maka banyak juga diantara masyarakat kita yang juga mengenalnya dengan nama kue pisang. Banyak sekali jenis dan variasi resep kue bolu pisang ini yang sudah dimodifikasi sesuai selera. Tidak hanya dipanggang, namun saat ini banyak juga aneka variasi bolu pisang kukus yang tidak kalah enak dan empuk dengan bolpis yang lain.

Tips Cara Membuat Resep Bolu Pisang Anti Bantat
Seperti juga resep cara membuat Koningskroon Cake dan Resep Bolu Pandan Laws Kitchen Ekonimis yang sudah pernah kita share pada tulisan sebelumnya. Ada beberapa tips cara membuat bolu pisang panggang dan kukus agar tidak bantat dan bisa empuk sempurna. Sebenarnya resep cara membuat bolu pisang original ini cukup mudah dan praktis. Tetapi memang kalau membuatnya sembarangan bisa membuat banana cake yang kita buat nanti bisa jadi tidak mengembang. Bahkan ada yang setelah selesai kue bolunya malah kempes di bagian tengahnya. Jadi langkah langkah cara membuat kue bolu pisang dan tips memasaknya dibawah ini harus diperhatikan dengan teliti.

  • Pisang yang pakai untuk bolpis panggang harus benar benar matang supaya rasa bolu pisang ini lezat. Biasanya ini akan terlihat dari adanya bintik bintik hitam yang muncul di kulit luar pisang.
  • Pastikan jika telur sudah dalam keadaan suhu ruangan. Kalau baru dikeluarkan dari kulkas sebaiknya tunggu sampai telur benar benar tidak dingin atau bisa direndam sebentar dengan air hangat. Putih telur dalam keadaan dingin akan lebih kental, sehingga jika dikocok tidak bisa mengembang sempurna.
  • Saat mengocok telur dan gula pastikan bahwa sudah benar benar sampai mengental dan kelihatan pekat. Ciri-ciri atau tanda tandanya saat diangkat kocokan atau mixernya, sisa adonan yang jatuh tidak langsung hilang atau masih terlihat bekasnya.
  • Untuk menghasilkan tekstur yang lembut dan kelihatan moisty atau berminyak. Sebaiknya menggunakan minyak sayur ya. Bisa juga menggunakan mentega atau margarin yang dicairkan. Tetapi harus pastikan dalam kondisi benar benar dingin sebelum dicampur dengan adonan resep bolu pisang ini.
  • Pastikan saat mengocok minyak atau mentega cairnya benar benar tercampur rata. Bisa juga memisahkan sebagian adonan (1/4) lalu mencampurnya dengan minyak dahulu. Setelah rata baru dicampur dengan sisa adonan lainnya.
  • Suhu kompor atau oven sebaiknya diset di suhu rendah saja supaya matangnya merata.
  • Waktu pemanggangan dan pengukusan harus benar benar diperhatikan. Tes dengan lidi supaya yakin kalau bagain tengah banana cake ini benar benar matang. Kalau memang kelihatan sudah agak gosong, bagian atas loyang bisa diberi tutup aluminum foil. Bisa juga memindah loyang kue nya ke bagian bawah supaya matangnya rata.


Perbedaan Resep Kue Bolu Pisang Kukus dan Panggang

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan dari kedua resep bolu dari pisang ini. Perbedaannya yang paling utama hanya terletak pada cara pembuatan akhir mengolahnya. Untuk resep bolu pisang panggang dimasukkan di oven. Sedangkan pada bolu pisang kukus perlu dikukus beberapa saat. Untkn cetakan kue bolunya bahkan sama persis. Jadi tidak ada salahnya kalau kebetulan di rumah memang ada stok pisang ambon, pisang barangan, pisang raja atapun cavendish yang cukup banyak. Bisa dibuat bahan untuk membuat resep kue bolu ini. Seperti juga kue cubit dan resep kue lumpur, cara membuat bolu pisang ini juga mudah kok.
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Bolu Pisang Original?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.