Advertisement

Resep Pulut Boh Drien, Pulut Durian Khas Aceh

1/03/2018

Resep Pulut Boh Drien, Pulut Durian Khas Aceh | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Pulut Boh Drien, Pulut Durian Khas Aceh.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Jajanan Pasar, Aneka Kue, Aneka Minuman, Durian, Jajanan Khas Daerah, Makanan Khas, Makanan Khas Aceh, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Pulut Boh Drien, Pulut Durian Khas Aceh. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Pulut Boh Drien, Pulut Durian Khas Aceh


Pulut Boh Drien. Pulut durian sekarang memang sedang menjadi makanan yang lagi Hits, olahan dari buah durian ini terkenal memiliki rasa yang super nikmat dan bikin nagih. Di Aceh juga punya resep pulut durian yang khas, namanya Pulut Boh Drien. 

Seminggu sebelum saya pulang ke aceh, oleh tante saya disuguhi pulut bohdrien, begitupun mertua saya juga membuat panganan ini ketika saya di banda aceh, akhirnya ketagihan lagi mau buat pulut yang enak seperti ini dirumah. Berbekal resep yang diajarkan mertua, akhirnya sesampai dirumah saya langsung sibuk cari buah durian dan langsung bikin Pulut Durian Khas Aceh. Alhasil, panganan pun sukses seperti yang diinginkan. Rasanya sedap dan mantap. Mau coba?

Gambar Pulut Boh Drien, Pulut Durian Khas Aceh
#kulineraceh #kulinertopui #kulinerbersama #kulinerindonesia #kuliner #hidupuntukmakan #hungrygoaceh #huntingkuliner #idemakansiang #nyantapnyantap #nomnomnom #nomnomaceh #acehfood #aceheating #makanmana #foodlover #foodie #food #foodnote #likeforlikes #foodnoteaceh #pulutdurian #durianstickyrice #kinleybistro

Resep dan Cara Membuat Pulut Boh Drien, Pulut Durian Khas Aceh

Bahan-bahan

  • 4 buah durian ukuran sedang pas matang dan rasanya
  • 8 sendok makan gula putih
  • 3 gelas santan dari satu buah kelapa tua
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 mangkuk kecil beras pulut, beras pulut adalah beras ketan putih.

Cara Membuat Pulut Boh Drien, Pulut Durian Khas Aceh :

STEP 1 : Siapkan buah durian, pilih yang sudah matang betul, baunya wangi, dan rasanya manis legit. Disini saya memakai durian ukuran sedang.

STEP 2 : Siapkan santan yang kental. Biar lebih kental, saya beli kelapa yang sudah tua kemudian di parut, hasil parutannya saya blender lagi dengan 3 gelas air yang sudah matang, kemudian saya peras dan saring sebanyak 2 kali, supaya benar2 tidak ada ampas maupun sisa santan yang coklat-coklat itu. Tambahkan garam, aduk merata.

STEP 3 : Masukkan daging buah durian satu persatu, diperas kedalam santan sampai menyatu dengan santan. Angkat biji dan ampas duriannya, supaya santan tetap benar2 kental tanpa ampas. Harus bener2 sabar ya saat merasnya supaya santan benar2 menyatu dengan durian, apalagi kalau santan kental seperti ini dan banyak duriannya. Setelah semua tercampur rata, masukkan gula perlahan-lahan sembari diaduk2 agar larut.

STEP 4 : Masak beras pulut atau beras ketan putih dengan cara merebusnya menggunakan air secukupnya. Setelah setengah matang kemudian kukus sampai benar2 beras menjadi pulen dan matang, kemudian dinginkan.

STEP 5 : Sajikan santan durian dan nasi pulut yang sudah matang bersama dengan sisa daging durian yang tidak dicampur dengan santan. Karena menggunakan air matang, kuah santan durian tidak perlu dimasak lagi. Kecuali ada sisanya, perlu untuk dipanaskan sebentar di kompor sampai setengah mendidih dan didinginkan sebelum dimasukkan ke kulkas, supaya lebih tahan lama di kulkas.

Kuah pulut durian juga enak dinikmati dengan roti bantal/gandum sebagai selai ataupun kuah. Selamat mencoba yaa..
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Pulut Boh Drien, Pulut Durian Khas Aceh?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.