Advertisement

Apa Itu Baking Powder?

2/02/2018

Apa Itu Baking Powder? | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Apa Itu Baking Powder? .

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Baking Powder, Info, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Apa Itu Baking Powder? . Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Apa Itu Baking Powder?


Pengertian Apa Itu Baking Powder? 

Baking Powder atau dalam bahasa Indonesia Bakpuder adalah bahan pengembang yang biasa dipakai untuk meningkatkan volume dan memperingan tekstur makanan yang dipanggang seperti pada kasus membuat kue muffin, scone, bolu, dan biskuit. Bakpuder bekerja dengan sitem melepaskan gas karbon dioksida ke dalam adonan melalui reaksi asam-basa, hal ini dapat menghasilkan gelembung-gelembung di dalam adonan kue yang masih basah, dan ketika dipanaskan adonan akan memuai; Jika adonan sudah matang, gelembung-gelembung tersebut akan terperangkap hingga menyebabkan kue menjadi mengembang dan ringan. Bakpuder sering dipakai untuk menggantikan ragi ketika rasa fermentasi tidak diingini pada makanan yang dihasilkan, atau ketika adonan kurang memiliki sifat elastis untuk menahan gelembung-gelembung gas lebih dari beberapa menit. Sedangkan Roti yang dibuat dengan memakai bahan pengembang kimia disebut roti cepat.

Konsep penggunaan bahan tambahan Baking Powder untuk membuat adonan kue agar mengembang sudah diketahui sejak pertengahan abad ke 19 dalam bentuk 'air arang', yaitu arang kayu yang diproses dan dimasak dalam air hingga mendidih dan didiamkan selama semalaman. Hasilnya adalah air yang kaya akan kandungan karbon dan garam bikarbonat, mirip dengan kandungan yang ada dalam baking powder modern. Arang kayu yang umum digunakan untuk membuat baking powder adalah yang berasal dari pohon zaitun, dan bukan dari pohon yang mengandung bahan resin seperti kayu pinus.

Sedangkan untuk versi modern, baking powder ditemukan oleh Alfred Bird pada tahun 1843. Salah seorang apoteker German bernama August Oetker kemudian melakukan penyempurnaan dan mendaftarkan paten untuk baking powder baking powder pada tahun 1903. 

Dalam proses pembuatan kue, baking powder merupakan bahan pengembang kimia yang mengandung soda kue (Sodium Bikarbonat) yang sudah dicampur dengan asam (cream of tartar) dan bahan pengering (pati). Baking powder akan bekerja dengan  membentuk karbondioksida pada adonan untuk membantu proses mengembangnya kue.  

Fungsi dari baking powder dapat disebutkan sebagai berikut:

  • Untuk meng-"aerasi" adonan sehingga menjadi ringan dan berpori
  • Membuat kue kering lebih renyah dan halus teksturnya
Bagaimana bunda tentang artikel Apa Itu Baking Powder? ?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.