Advertisement

Cara Membuat Roti Manis Lembut Seperti Kapas Menggunakan Metode Uap

2/26/2018

Cara Membuat Roti Manis Lembut Seperti Kapas Menggunakan Metode Uap | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Cara Membuat Roti Manis Lembut Seperti Kapas Menggunakan Metode Uap.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Kue, Kue Basah, Roti, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Cara Membuat Roti Manis Lembut Seperti Kapas Menggunakan Metode Uap. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Cara Membuat Roti Manis Lembut Seperti Kapas Menggunakan Metode Uap


Masaksiana. Roti manis metode uap bunda.. Bisa dibilang, roti merupakan salah satu jenis makanan yang punya sejarah panjang. Roti sudah ada sejak ribuan tahun lalu, sehingga menjadikan roti sebagai salah satu jenis panganan tertua didunia. Awalnya, roti dibuat dengan bahan dasar gandum yang ditumbuk dan diolah dengan air hingga berbentuk adonan. Adonan tersebut dibakar dalam tungku dan hasilnya menjadi roti yang keras dan tahan lama. Namun seiring berjalanya waktu proses pembuatanya pun semakin berkembang, ada yang dilakukan dengan cara dikukus, dipanggang menggunakan oven, dan bahkan ada juga yang dilakukan dengan metode uap panas, roti yang dihasilkan pun sangat lembut dan empuk. Seperti resep yang akan kami bagikan disini.
Dalam pembuatan roti manis dengan cara diuap ini tepung yang digunakan adalah tepung terigu berprotein tinggi, dalam resep ini menggunakan tepung cakra dan tepung segitiga biru. Karena dapat menghasilkan gluten yang banyak dan teksturnya kuenya menjadi bagus. Atau bisa juga dicampur dengan tepung terigu protein sedang, hal ini akan membuat roti lebih empuk dan lembut. Tapi syaratnya harus jumlah tepung terigu protein tinggi tetap harus lebih banyak takaranya daripada tepung terigu protein sedang.

Resep Cara Membuat Roti Manis Menggunakan Metode Uap
Rebake by Resep Kue Komplit
=======================================

Bahan-Bahan Adonan Roti :
  • 250 gr tepung cakra
  • 50 gr tepung segitiga
  • 1sct susu bubuk
  • 1sct ragi instan, larutkan dengan sedikit air hangat
  • 75 gr gula pasir 
  • 50 gr butter / mentega
  • 200 ml susu cair
  • 3 butir kuning telur

Cara Membuat Roti Manis Dengan Metode Uap :
  1. Campurkan bahan-bahan roti seperti tepung, gula pasir, susu bubuk dan ragi instan yang telah dicairkan.
  2. Kemudian tambahkan butter, susu cair dan kuning telur, (tambahkan susu cair sedikit2 saja)
  3. Uleni hingga adonan menjadi kalis, lalu diamkan kurang lebih selama 30menit hingga mengembang sempurna.
  4. Setelah mengembang, kempiskan adonan dan bagi menjadi beberapa bagian, sesuaikan menurut selera..
  5. Setelah adonan roti terbagi menjadi beberapa adonan, diamkan kembali selama 30 menit.

Cara Penguapan Roti :
  1. Disela sela menunggu roti ngembang panaskan kukusan yang telah diisi air, rebus hingga mendidih, setelah mendidih matikan api keluarkan uapnya.. Buka tutup kukusan hingga tidak ada uap.
  2. Lalu masukkan roti yg sudah didiamkan kedalam kukusan (ingat kukusan dalam keadaan tidak diatas kompor), Tutup kukusan biarkan 15menit.
  3. Lalu oven dengan api sedang, Setelah matang olesi dengan mentega

Bagi yang belum jelas, kalau sudah adonan mengembang dan siap semua, Lalu panaskan kukusan sampe uapnya banyak. Lalu matikan api buka tutupnya biarkan uap keluar baru masukin adonan roti. Tutup 10 sampe 15 mnt..... Kemudian keluarin dari kukusan dan langsung di oven sampe mateng. Selamat mencoba!
Bagaimana bunda tentang artikel Cara Membuat Roti Manis Lembut Seperti Kapas Menggunakan Metode Uap?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.