Advertisement

Resep Cara Membuat Kue Ku Isi Kacang Hijau (Tortoise Cake) Enak dan Sederhana

3/09/2018

Resep Cara Membuat Kue Ku Isi Kacang Hijau (Tortoise Cake) Enak dan Sederhana | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Cara Membuat Kue Ku Isi Kacang Hijau (Tortoise Cake) Enak dan Sederhana.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Kue, Resep Kue Basah, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Cara Membuat Kue Ku Isi Kacang Hijau (Tortoise Cake) Enak dan Sederhana. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Cara Membuat Kue Ku Isi Kacang Hijau (Tortoise Cake) Enak dan Sederhana


Resep Kue Ku Kue atau Tortoise Cake. Ku adalah jajan tradisional yang terbuat dari bahan dasar ketan bentuk kue mirip kura-kura, biasanya kue ini berwarna merah merona khas Tionghoa. Kue Ku namanya memang sedikit aneh dan bentuknya pun unik, yang disebut ku itu adalah kura-kura, dan manakah keistimewaan kue itu sehingga sangat dipentingkan dalam perayaan Imlek, juga dalam segala macam upacara seperti kelahiran, ulang tahun, pernikahan dan lainnya?

Cara membuat Kue Ku ini dari ketan yang ditumbuk sampai kalis dan diberi warna merah, lalu dibentuk bola yang berisi lumpur kacang hijau, jadinya Kue Ku ini sebetulnya jajan onde-onde yang tidak digoreng. Onde-onde merah ini kemudian dimasukkan dalam cetakan kayu yang berukiran motip kura-kura, lalu diketokkan diatas meja, maka berjatuhanlah diatas meja kue kura-kura merah merekah yang sering juga disebut kue tok.

Nah, dalam kasus ini saya bikin yang original tanpa pewarna on process Original dari warna ubi jalar, jika pengen bikin yang berwarna silahkan tambah bahan pewarna makanan sesuai keinginan yaa.. Saya juga bikin versi mini, yang nyetak bergantian jadi bentuknya juga ganti2😁
Resep Cara Membuat Kue Ku Isi Kacang Hijau

RESEP KUE KU ISI KACANG HIJAU
==============================

Bahan-Bahan Kue Ku : 

  • 200gr tepung ketan
  • 100gr ubi keladi dihaluskan
  • 2 sm gula halus
  • Sejumput garam
  • Pewarna makanan
  • Santan secukupnya
  • campur semua adonan. Msukkan santan sedikit demi sedikit sampe adonan bisa dipulung

Bahan isi:

  • 250 kacang hijau
  • 1 cawan santan kental 
  • 1/2 cawan gula putih (sesuai selera)
  • Sejumput garam

Bahan tambahan:

  • Daun pisang dipotong2 utk alas


Cara membuat Kue Ku :

  1. Rendam kacang 4 jam. Rebus dan blender lalu disaring sambil ditekan atau digesek2 pada ayakan biar paste nya turun semua
  2. Campur dengan santan gula dan garam.
  3. Masak dg api sedang cenderung kecil sambil terus diaduk sampe mengering dan adonan bisa dipulung
  4. Bulatkan adonan kulit dan bahan isi. Bahan kulit lbh besar
  5. Pipihkan adonan kulit isi dg bahan isi. Tutup. Cetak pada cetakan kue ku yg sdh dilumuri tepung ketan/ minyak
  6. Me. Lumuri minyak jd stlh dikukus ga perlu oles minyak lagi 😁
  7. Balikkan cetakkan dan hentakkan
  8. Letakkan diatas daun pisan yg sdh dioles dg minyak
  9. Kukus selama 15-20 menit

Asal usulnya kue ku itu berawal dari tradisi sesajian kura-kura hidup dalam sembayang ketika habis panen diperdesaan jaman dahulu kala. Pada suatu ketika, kebiasaan yang dilaksanakan pada malam bulan purnama dipertengahan musim Rontok (Tiong- Chiu) ini terdampak oleh kekurangan kura-kura hidup, maka orang mulai membuat kue kura-kura dari ketan untuk menggantikannya, inilah yang merupakan Tiong Chiu Pia semula di Tiongkok Selatan, sehingga membuat Tiong Chiu Pia dengan mengetokkan cetakan masih dipakai hingga sekarang.

Selamat mencoba bunda, semoga hasil resep kue ku yang bunda buat jauh lebih enak dan sempurna yaa..
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Cara Membuat Kue Ku Isi Kacang Hijau (Tortoise Cake) Enak dan Sederhana?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.