Advertisement

Cara Mudah Membuat Kue Pancong Dari Terigu Yang Manis

5/12/2015

Cara Mudah Membuat Kue Pancong Dari Terigu Yang Manis | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Cara Mudah Membuat Kue Pancong Dari Terigu Yang Manis.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Resep Kue Pancong, Resep Kue Tradisional, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Cara Mudah Membuat Kue Pancong Dari Terigu Yang Manis. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Cara Mudah Membuat Kue Pancong Dari Terigu Yang Manis


Resep kue pancong terigu - hallo sahabat pecinta kue, mau berkreasi apa kita hari ini. Tetapi saya ada sebuah ide untuk membuat kue tradisional khas asal betawi. Mungkin pada tahu dong dimana letak suku betawi, dimana lagi kalau bukan di daerah khusus ibukota jakarta. Benar sekali sahabat, betawi mayoritas dan penduduk aslinya ada di ibukota tersebut. Masyarakat betawi terkenal paling bisa membuat kue pancong manis ini, kebetulan ada teman saya orang betawi yang tinggal di daerah depok memberikan resep kue pancong rahasianya. Selain di jakarta sebenarnya masih ada lagi kota yang membuat kue pancong ini seperti bandung yang biasanya terbuat dari tepung terigu sehingga dinamakan kue pancong tepung terigu atau yang dikenal dengan kue bandros.

Kudapan manis tradisional yang lekat menjadi jajanan pasar ini dijual secara sederhana dan dapat ditemukan dekat pasar tradisional maupun pedagang kue keliling. Untuk harga kue pancong tergolong sangat murah dan meriah tetapi yang diperhatikan adalah rasanya yang enak dan legit karena biasanya dalam membuat kue pancong dicampur dengan kelapa parut bahkan kelapa muda. Selain di bandung ada lagi yang dinamakan kue rangi, kuenya hampir mirip dengan kue pancong, tempatnya itu ada di jawa. Resep kue pancong -  Bagi orang-orang jawa pasti dong mengenal kue pancong, nah itu kuenya yang hampir mirip tersebut.
Baca juga: resep kue rangi
Tadi admin menjelaskan tentang kue pancong dari tanah betawi dengan kue pancong bandung. Nah pada kedua jenis kue tersebut memiliki keunikan tersendiri, resep kue pancong betawi terbuat dari tepung beras kemudian dicampur dengan gula pasir dan santan, sedangkan kue pancong bandung atau yang dikenal dengan bandros menggunakan tepung terigu dan bahan unik lainnya. Disetiap masing-masing daerah memiliki keunikan sendiri sahabat, namun rasanya hampir sama dan sama-sama terkenal. Cobain Mie Sagu yuk!

Jadi jika bunda ingin mencoba mengetahui cara membuat kue pancong terigu ini sebaiknya anda harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu deh. Nah jika anda tidak mengetahui apa saja bahannya, silahkan lihat secara detail tentang bahannya dibawah ini melalui artikel resep kue pancong tepung terigu yang satu ini. Bicara tentang kue pancong ini, ada berbagai variasi yang bisa kita buat termasuk kue pancong green tea. Bagaimana sahabat, kue tradisionalpun bisa juga kita kolaborasikan menjadi kue modern, tetapi kue ini asli Indonesia.
Baca juga: resep kue pancong kelapa parut
Resep Kue Pancong Terigu

Oya sahabat perlu anda ketahui juga, kue pancong biasanya terbuat dari tepung beras, namun kali ini kita akan mengolahnya dengan menggunakan tepung terigu. Jadi saat ini anda akan mengetahui bagaimana cara membuat kue pancong terigu manis ini, jika penasaran anda harus tenang sahabat karena semuanya akan dikupas secara tajam setajam resep kue pancong tepung terigu hehe. Lanjut ya sahabat, sekarang kita akan membahas mengenai resepnya, untuk kue pancong balap dari ncc lebih baik kita bahas dihari-hari berikutnya secara rinci. Mari simak semuanya dibawah ini, hanya di blog menu resep kue, blog pilihan kue anda.
Cara Mudah Membuat Kue Pancong Dari Terigu Yang Manis

Bahan Kue Pancong Terigu Manis

  • 200 gram tepung terigu
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sendok teh ragi
  • 1 sendok teh garam halus
  • 250 ml santan kental
  • 100 gram kelapa parut

Cara Membuat Kue Pancong Terigu

  • Masukkan tepung, telur kocok, garam, santan, ragi instan, dan kelapa parut.
  • Aduk semua bahan tersebut hingga merata, sisihkan selama ± 25 menit.
  • Siapkan dan panaskan cetakan kue pancong betawi, olesi permukaan dalam cetakan dengan minyak.
  • Tuangkan adonan perlahan kedalam cetakan, lalu panggang hingga matang dan kering.
  • Terakhir angkat kue pancong, lalu taburi dengan gula pasir ataupun cokelat meses dan bisa juga keju.
  • Yang terakhir banget, sajikan untuk keluarga anda sebagai teman ngeteh disore hari.
Baca juga: resep kue apem beras kukus
Ini sahabat resep kue pancong tepung terigu manis betawi depok itu, sangat mudah bukan. Tetapi jangan remehkan karena kemudahannya, maka dari itu silahkan ikuti langkah dari tulisan ini agar semuanya sempurna sahabat. Namun anda dapat memberikan ragam kreasi sehingga memiliki rasa yang berbeda, nah dari itu dapat ditambahakan taburan gula pasir, susu kental manis, keju dan lain sebagainya bunda sehingga minat pembelipun semakin meningkat, bener nggak. Jangan lupa bagikan kepada teman-teman anda resep yang sudah ditulis ini, dan ingat selalu update resep terbaru dari blog ini. Semoga bermanfaat dan salam pencinta kue Indonesia.
Bagaimana bunda tentang artikel Cara Mudah Membuat Kue Pancong Dari Terigu Yang Manis?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.