Advertisement

Cara Membuat Martabak Manis Bangka Tanpa Ragi Spesial

6/09/2015

Cara Membuat Martabak Manis Bangka Tanpa Ragi Spesial | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Cara Membuat Martabak Manis Bangka Tanpa Ragi Spesial.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Resep Martabak Manis, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Cara Membuat Martabak Manis Bangka Tanpa Ragi Spesial. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Cara Membuat Martabak Manis Bangka Tanpa Ragi Spesial


Resep martabak manis bangka tanpa ragi - Hai sahabat pecinta kue tradisional Indonesia, apa yang akan kita bahas hari ini. Mungkin lebih baik kita berjalan-jalan kekota Bangka Belitung untuk mencicipi martabak manisnya yang khas. Dikota kita masing-masing pasti ada yang namanya martabak, harus anda tahu sahabat awal martabak itu tercipta dikota tersebut lalu barulah tersebar hingga seluruh daerah seperti Bandung, Medan, dan lainnya. Namun sudahkah anda mendengar tentang martabak yang dibuat tanpa menggunakan ragi, ya itu akan kita bahas untuk hari ini. (Baca Juga Resep Kue Kering Coklat Chip Kacang Enak Khas Lebaran)

Resep Martabak Manis Bangka Tanpa Ragi Anti Gagal

Martabak atau kue terang bulan atau dengan nama lain adalah Hok Lo Pan diciptakan oleh suku Hakka di Provinsi Bangka Belitung itu sahabat. Diciptakan murni melalui keahlian tangan mereka sendiri sehingga menambah daftar makanan khas di Nusantara kita ini. Untuk resep martabak manis bangka tanpa ragi sebenarnya adalah kreasi dari kreatifitas masyarakat, nah untuk mengetahui cara membuat martabak manis bangka spesial ini mari kita bersama-sama menyimak lalu mempraktekkannya langsung di dapur kesayangan kita masing-masing dan sangat cocok untuk teman ngeteh anda bersama keluarga anda. (Simak Juga Resep Kue Lidah Kucing Keju Susu Enak Renyah Spesial)
Resep Martabak Manis Bangka Tanpa Ragi Anti Gagal
Martabak bangka manis dengan bentuk mini

Bahan Martabak Manis Bangka

  • 500 gram tepung terigu
  • 1 liter santan kelapa
  • 200 sendok makan gula pasir
  • 200 gram kacang tanah, potong, sangrai
  • 200 gram wijen putih, disangrai
  • 2 sendok teh garam halus
  • 4 butir telur ayam, kocok
  • 3 sendok teh baking powder
  • 250 gram mentega tawar
  • 2 sendok teh baking soda

Cara Membuat Martabak Manis Bangka

  • Campur semua bahan dari tepung terigu hingga baking powder, aduk hingga tercampur rata lalu tutup dan biarkan 3 s/d 5 jam sampai bergelembung atau berbuih
  • Larutkan baking soda dengan dua sendok teh air lalu tuangkan kedalam adonan lalu aduk merata.
  • Masukkan adonan kedalam loyang bulat yang telah diolesi mentega dengan takaran satu sendok sayur, lalu panggang dan biarkan hingga matang berpori-pori. Lakukan hingga adonan habis lalu tambahkan topping seperti taburan gula pasir ataupun keju dan cokelat meises
  • Potong martabak manis, lalu sajikan, selesai.


Demikian cara membuat martabak manis bangka tanpa ragi spesial sahabat, sekarang giliran anda untuk mencobanya. Jangan lupa bagikan resep ini kepada teman-teman kita yang lain agar merekapun bisa belajar bersama kita, semoga sajian dari saya ini bermanfaat untuk anda semua. Untuk resep martabak berikutnya akan admin bagikan untuk anda, untuk hasil dari resep ini mohon dibagikan kepada admin ya sahabat. Akhir kata admin ucapkan selamat mencoba dan salam pecinta kue Indonesia.
Bagaimana bunda tentang artikel Cara Membuat Martabak Manis Bangka Tanpa Ragi Spesial?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.