Advertisement

Resep dan Cara Membuat Kue Apem Selong Khas Makanan Tradisional

1/02/2018

Resep dan Cara Membuat Kue Apem Selong Khas Makanan Tradisional | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep dan Cara Membuat Kue Apem Selong Khas Makanan Tradisional.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Cemilan, Aneka Jajanan Pasar, Aneka Kue, Apem, Kue Basah, Kue Tradisional, Makanan Tradisional, Resep Kue Basah, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep dan Cara Membuat Kue Apem Selong Khas Makanan Tradisional. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep dan Cara Membuat Kue Apem Selong Khas Makanan Tradisional


Kue apem selong dengan tekstur berserat ini adalah jenis jajanan kue basah tradisional khas Surabaya, Jawa Timur, biasanya makanan ini dihidangan pada saat acara-acara khusus untuk menjamu tamu. Selain disebut sebagai Kue apem selong, kue spesial lezat ini juga biasa disebut sebagai kue renda atau kue ceylon, adapun jenis resepnya ada bernaeka ragam dengan beraneka kreasi, seperti apem panggang, apem kukus dan kue apem selong yang tidak kalah terkenalnya dibanding kue apem lainnya karena rasanya yang enak dan gurih. Kue apem selong ini jika dilihat dari segi tektur bentuknya hampir mirip dengan kue serabi khas solo. 
Foto dan Gambar Apem Selong

Seperti jenis kue apem pada umumnya, apem selong sajian sedap juga berbentuk bundar, namun ada ciri khas dari selong apem ini jika dibandingkan dengan lainnya yaitu pada bagian tepi dari kue ini ada seperti kulit kering yang mengelilingi apem selong sehingga juga terlihat sangat menarik dan juga unik. Aneka kreasi olahan macam-macam apem selong, yaitu apem selong ncc, apem selong pakai tape, dan apem selong berserat, apem selong rainbow pelangi, apem nasi, apem selong signora, dan apem selong bogasari. Kue apem selong sederhana bisa juga dibuat tanpa telur dan tanpa air kelapa. Baca juga: Resep dan Cara Membuat Kue Apem Karamel

Kue apem selong dibuat dari kombinasi bahan tepung beras dengan santan dan ada juga apem selong tape dengan diberi hiasan potongan nangka atau potongan pandan diatasnya. Adapun untuk proses pembuatannya adalah sebagai berikut kumpulan aneka resepi apam selong sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha kuliner aneka jajajan pasar kue basah tradisional Indonesia. Resep lebih lengkapnya bisa dilihat di bawah.

Bahan-bahan Yang Perlu Disiapkan Untuk Membuat Apem Selong

Bahan biang :
  • 2 sdm terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm fermipan
  • 100 cc air hangat
  • Bahan adonan :
  • 500 gr tepung beras
  • 50 gr tepung tapioka
  • 1000 ml santan kental hangat atau 4 gelas santan
  • 300 gr gula pasir
  • 2 btr telur kocok lepas
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili

Cara Membuat Apem Selong Yang Enak dan Sederhana Step by Step :
STEP 1 : Campur jadi 1 bahan biang, biarkan 5 menit.

STEP 2 : Dalam wadah, campur jadi 1 : tepung beras, tepung kanji, gula, garam, bahan biang, vanili, telur dan 2 gelas santan. Aduk pakai tangan sampai tdk ada yg bergerindil dan licin. Kemudian masukkan sisa santan (2 gelas lg) aduk rata. Adonan cair yaa 😀 biarkan 1 jam sampai mengembang.

STEP 3 : Siapkan cetakan, panaskan sampai bener2 panas. Lalu olesi cetakan dgn margarin. Tuang 1 sdk sayur adonan lalu tekan tengahnya biar berenda/berkulit, tutup cetakan jangan dibuka-tutup ya ! Proses ini tdk membutuhkan wkt lama sekitar 5-6 menit saja.

STEP 4 : Lakukan sampai habis. Punya saya jd 30 biji.

STEP 5 : Ini seratnya menggoda sekali. Hehe pdhl ini jajan buat pesenan org tp aku comotin trs soalnya enak bingit.
Bagaimana bunda tentang artikel Resep dan Cara Membuat Kue Apem Selong Khas Makanan Tradisional?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.