Advertisement

Resep Kue Pepe Pelangi Tepung Sagu Enak dan Sederhana

1/12/2018

Resep Kue Pepe Pelangi Tepung Sagu Enak dan Sederhana | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Kue Pepe Pelangi Tepung Sagu Enak dan Sederhana.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Cemilan, Aneka Jajanan Pasar, Aneka Kue, Kue Basah, Kue Tradisional, Makanan Tradisional, Resep Kue Basah, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Kue Pepe Pelangi Tepung Sagu Enak dan Sederhana. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Kue Pepe Pelangi Tepung Sagu Enak dan Sederhana


Resep dan Cara Membuat Kue Pepe Pelangi Tepung SaguAlhamdulillah baru kesampaian buat kue tradisional lagi, kali ini saya bikin kue pepe khas betawi dari tepung sagu yang enak, kenyal dan manis legit. Resep kue pepe ini sebenarnya sudah lama tersimpan di draft buku resep saya, namun banyaknya request dan permintaan dari temen-temen akhirnya resep ini saya publis di situs resepkuekomplit ini. Jadi, yuk segera coba buat sendiri kue pepe sendiri dirumah. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan kuliner khas nusantara, iyaa kan? Resep dan cara membuatnya seperti dibawah ini.
Gambar Resep Kue Pepe Kukus Pelangi  Tepung Terigu

RESEP KUE PEPE PELANGI DARI TEPUNG SAGU

Bahan:
  • 1/2 kg sagu(aku pke sagu biasa)
  • 1/2 kg gula(klw gk suka manis bisa di kurang)
  • 1/2 gls terigu
  • 1 gla santan kental(di masak dulu)Kara jg boleh
  • 1 sachet vanili
  • 1/2 sendok teh garam
  • pewarna sesuai selera
  • 3 gls air matang(1 gls untuk melarutkn gula)

Cara Membuat:
  1. Masukan tepung sagu, tepung terigu, garam, dan vanili jdai satu tempat.
  2. Larutkan gula dengan 1 gelas air, tunggu sampai dingin. 
  3. Jika sudah, tambahkan santan kedalam tepung aduk menggunakan tangan agar adonan tercampur rata.
  4. Masukan air gula lalu air matang dikit demi sedikit sambil di aduk.
  5. Jika adonan sudah encer (tidak berat saat di aduk) kilas di tangan maka bagi adonan menjadi beberapa tempat n beri pewarna sesuai selera.
  6. Siapkan loyang, dan olesi loyang dengan minyak ya Bun... 
  7. Kukus adonan tadi di dalam panci yang mendidih dan tutupnya di beri serbet.
  8. Cek kue dengan cara ditusuk untuk mengetahui apakah kue pepenya sudah matang atau belum.
  9. Jika sudah matang, angkat, iris dan sajikan.


NB: Jika kurang air tambahkan dengan air matang ya bun, 1 resep bisa jadi 1 loyang besar. Selamat mencoba

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Kue Pepe

Tanya: Itu adonan untuk kue pepe kan lebih dari 1 warna, terus ngukusnya bagaimana bun?
Jawab: Tuangin per satu cangkir adonan, tunggu dulu selama 5 menit baru kemudian dituang lagi adonan warna lain, begitu seterusnya.

Tanya: Untuk adonan yang terakhir biasanya berapa menit bun untuk mengukusnya dan ciri-cirinya kalau kue pepe sudah matang itu gimana? Trims
Jawab: Ciri-cirinya kalau kue sudah matang di bagian tengah atas sudah gak ada warna putih berarti sudah matang Bunda

Tanya:  kalau bikin pepe tepung sagunya bisa gak bun di ganti sama tepung tapioka?? Makasih sebelumnya
Jawab: Bisa bunda....

Tanya: Berarti santanya harus dimasak dulu yach bun?
Jawab: Kalau santan asli harus di masak dulu Bun. Ini supaya kue pepe gak cepat basi kuenya

Apa Itu Kue Pepe? Dan Apa Saja Bahan Utama Kue Pepe?


Kue Pepe Adalah salah satu jenis kue yang mirip seperti kue lapis. Kue ini merupakan makanan dan kue khas Betawi yang sangat digemari. Kue pepe warna-warni ini memiliki tekstur yang lembut dan juga kenyal. Kue pepe biasanya bisa dengan mudah ditemukan di pasar-pasar karena panganan ini merupakan jajanan pasar tradisional, atau bisa juga kita temui pada saat perayaan hari besar seperti Idul Fitri di masyarakat Betawi. Kue ini sangat cocok disajikan dengan secangkir kopi hangat disaat santai. Baca juga: Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Legit dari Tepung Beras
Gambar Cara Membuat Kue Pepe Kukus Pelangi

Nah, ternyata bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat kue pepe ini sangat sederhana dan murah ekonomis lho.. yaitu tepung sagu. Sehingga tak heran kalau kue pepe memiliki tekstur yang sedikit kenyal dan legit ketika dimakan.

Kue pepe sagu ini biasanya dibuat bermacam aneka ragam variasi warna lapis, dan warna yang paling sering digunakan untuk kue pepe adalah warna merah dan hijau.

Memang, saat kita akan membuat kue pepe ini perlu sedikit ketelitian, mulai dari mengolah hingga mengukus. Tapi sebenarnya prosesnya tidak terlalu sulit, agar bunda berhasil membuat kue pepe yang kenyal dan enak, resep dan cara membuatnya sudah saya tuliskan diatas. Selamat mencoba!

Bagaimana bunda tentang artikel Resep Kue Pepe Pelangi Tepung Sagu Enak dan Sederhana?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.