Advertisement

Apa Itu Amonium Bikarbonat? dan Apa Fungsinya?

2/09/2018

Apa Itu Amonium Bikarbonat? dan Apa Fungsinya? | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Apa Itu Amonium Bikarbonat? dan Apa Fungsinya?.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Amonium Bikarbonat, Info, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Apa Itu Amonium Bikarbonat? dan Apa Fungsinya?. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Apa Itu Amonium Bikarbonat? dan Apa Fungsinya?


Apa Itu Zat Amonium Bikarbonat?

Amonium bikarbonat adalah bubuk kimia putih yang umumnya digunakan sebagai agen pengembang dalam adonan roti. Rumus kimianya NaHCO3 bahan ini biasa dikenal sebagai tanduk rusa atau "baker’s ammonia". Dalam penyebutannya kerap disingkat menjadi bicnat. Senyawa ini termasuk kelompok garam dan telah digunakan sejak lama.

Agen pengembang ini adalah zat kimia yang membuat adonan roti mengembang akibat produksi gelembung udara saat adonan dipanggang.
Gambar Amonium bikarbonat

Bahan senyawa ini umumnya disebut sebagai baking soda (soda kue yang umum digunakan untuk membuat adonan kue), natrium hidrogen karbonat, Sodium bikarbonat, dan lain-lain. Senyawa ini berbentuk seperti butiran kristal dan sering kita jumpai dalam bentuk serbuk. Natrium bikarbonat dapat larut dalam air. Senyawa ini banyak digunakan dalam produksi roti atau kue karena zat ini mampu bereaksi dengan bahan lain membentuk gas karbon dioksida, yang bisa membuat roti "mengembang".

Fungsi dan Manfaat Amonium bikarbonat Bagi Kesehatan

Senyawa ini juga digunakan sebagai obat antasid (penyakit maag atau tukak lambung). Karena bersifat alkaloid (basa), senyawa ini juga digunakan sebagai obat penetral asam bagi penderita asidosis tubulus renalis (ATR) atau rhenal tubular acidosis (RTA). Selain itu, natrium bikarbonat juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar asam urat.
Bagaimana bunda tentang artikel Apa Itu Amonium Bikarbonat? dan Apa Fungsinya??
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.