Advertisement

Resep Brownies Kukus ala Ny Liem

2/01/2018

Resep Brownies Kukus ala Ny Liem | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Brownies Kukus ala Ny Liem.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Kue, Brownies, Kue Basah, Resep Kue Basah, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Brownies Kukus ala Ny Liem. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Brownies Kukus ala Ny Liem


Resep dan Cara Membuat Brownies Kukus Ny Liem. Sudah lama banget saya nggak bikin brownie kukus andalan dari resep dari Ny. Liem. Siapa coba yang gak tau kelezatan kue buatan resep dari Ny. Liem. Pokoknya yang udah pernah nyoba bikin browkus ini bakalan ketagihan. Dan Alhamdulillah, baru kemarin saya juga nyoba bikin lagi browkus super lezat ini. Buat yang pengen nyoba resep Brownies Kukus Ny Liem dan pengen tau bagaimana proses membuat brownis kukus yang lezat, disini sudah saya tuliskan resep lengkapnya.
Gambar Resep dan Cara Membuat Brownies Kukus Ny Liem

RESEP BROWNIES KUKUS ALA NY. LIEM 
------------------------------------------------

BAHAN: 
  • 125 gr tepung terigu 
  • 6 butir telur 
  • 1/2 sdt emulsifier 
  • 50 gr coklat bubuk 
  • 100 gr DCC cincang dan lelehkan 
  • 225 gr gula pasir 
  • 175 gr minyak sayur 
  • 75 gr susu kental manis coklat (SKM) ---> optional 

CARA MEMBUAT BROWNIES KUKUS ALA NY. LIEM:
  1. Panaskan alat masak kukusan dan siapkan 2 buah loyang dengan ukuran 30x10 cm (loyang brownies panjang) atau loyang dengan uk 20x20 cm, oles permukaan loyang dengan margarin atau minyak, alasi dengan kertas roti dan oles kembali. Sisihkan. 
  2. Campur dan ayak tepung terigu bersama coklat bubuk agar tidak ada gumpalan. Sisihkan.  
  3. Kocok telur, gula pasir dan juga emulsifier sampai semua bahan mengembang dan kental. Masukkan campuran terigu dan coklat bubuk yang sudah diayak tadi, aduk sampai semua tercampur dengan rata atau bisa juga dikocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah. 
  4. Campurkan minyak dan DCC leleh kemudian masukkan ke dalam adonan brownies. Aduk balik menggunakan spatula sampai semua tercampur rata. 
  5. Ambil sedikit adonan brownis, kurang lebih 75 gr kemudian campur dengan SKM. Aduk hingga rata. 
  6. Tuang separuh dari sisa adonan bronis tadi ke dalam loyang cetakan kue, kukus selama 10-15 menit, buka dandang kukusan dan tuang adonan yang sudah dicampur SKM diatasnya. Kukus lagi selama 5 menit kemudian tuang sisa adonan dan kukus lagi sampai matang. Lakukan tes tusuk untuk mengetahui apakah brownis yang kita masak sudah matang atau belum. 
  7. Angkat, balikkan dari loyang dan biarkan dingin baru diberi topping. 

TIPS MASAK / CATATAN RESEP: 
  1. Jika bunda memakai kukusan biasa, jangan lupa bungkus tutup dandang kukusan dengan serbet bersih agar uap air nantinya tidak jatuh ke browkus. Tapi jika bunda menggunakan klakat yang tutupnya berbentuk limas, tidak perlu dibungkus serbet juga tidak apa-apa. 
  2. Gunakan api sedang ketika mengukus brownis. Saya cenderung menggunakan api sedang cenderung kecil karena apabila api terlalu besar makan permukaan browkus akan bergelombang. Kalau menggunakan api besar cenderung kecil memang matangnya akan lebih lama ya, tapi permukaan browkusnya bisa rata. 
  3. SKM bisa diskip ya karena fungsinya untuk membuat lapisan tipis coklat. Lapisan bisa juga diganti menggunakan keju slice, itu enaaak deh. Kali ini saya memakai topping ganache ekonomis. Kenapa disebut ekonomis karena ganache ini tidak memakai whipcream hehehe. Bisa diprotes chef Prancis nih yaa...karena pakemnya ganache kan memang pakai whipcream >_<  Walau versi ekonomis, tapi enak juga kok, lumayan laaah. Bahannya hanya susu cair, DCC dan madu atau unsalted butter. Saya biasanya menggunkan perbandingan susu cair dan DCC  1:2. 
CHOCOLATE GLAZE / GANACHE EKONOMIS

Bahan : 
  • 100 ml susu cair 
  • 200 gr DCC cincang 
  • 2 sdm madu / unsalted butter 

Cara Membuat : 
  1. Panaskan susu, tidak perlu hingga mendidih, cukup hingga timbul gelembung-gelembung di tepi panci. Matikan api. 
  2. Masukkan DCC cincang, aduk hingga DCC leleh dan teksturnya lembut. Masukkan madu atau unsated butter. Aduk hingga rata. 3. Siap digunakan. 
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Brownies Kukus ala Ny Liem?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.