Advertisement

Resep Cara Membuat Bolu Karamel a.k.a Sarang Semut Super Lembut

2/04/2018

Resep Cara Membuat Bolu Karamel a.k.a Sarang Semut Super Lembut | Masaksiana - Hai bunda cantik, sahabat Masaksianers, Pada update kali ini Masaksiana mempublikasikan artikel yang masih berhubungan dengan dapur cantik bunda, yaitu Bahan-bahan beserta Cara Membuat untuk Resep Cara Membuat Bolu Karamel a.k.a Sarang Semut Super Lembut.

Kami telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk bunda pengunjung setia Masaksiana. Artikel yang memiliki kategori Ala Masaksiana, Aneka Kue, Cake, Kue Basah, Kue Bolu, Resep Kue Basah, yang akan kita praktekan.


Apakah para bunda sudah siap dengan artikel Resep Cara Membuat Bolu Karamel a.k.a Sarang Semut Super Lembut. Yuk.. lanjut ke tahapan selanjutnya...


Resep Cara Membuat Bolu Karamel a.k.a Sarang Semut Super Lembut


Resep dan Cara Membuat Bolu karamel aka Sarang Semut. Bolu Caramel atau dikenal dengan sebutan kue sarang semut merupakan salah satu jenis bolu jadul yang selalu jadi favorit saya. Kalau di daerah asal saya Jembrana, dulu bolu ini merupakan varian  kue yang akan selalu disajikan di setiap acara resepsi; seperti pernikahan atau potong gigi. Texturenya yang bersarang dengan warna yang coklat mengkilap serta rasa dan aroma karamel menjadi ciri khas yang membuat bolu ini selalu diminati. 
Gambar Kue Bolu Karamel Sarang Semut

Bolu karamel aka Sarang Semut
Resep @xanderskitchen
Recook Vita Lim
----------------------------------------

Bahan A:

  • 500 gram gula pasir
  • 500 cc air
* Cara : Taruh gula pasir ke wajan biarkan meleleh /menjadi karamel (dengan api kompor yang kecil) tuang air, biarkan menyusut menjadi 500 ml/cc biarkan dingin.

Bahan B

  • 200 cc butter lelehkan (aku margarin)

Bahan C

  • 5 butir telur
  • 200 cc susu kental manis (aku 175 )
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • Cara : aduk dengan whisk sampai rata

Bahan D

  • 150 grm tepung tapioka
  • 150 grm tepung terigu
  • 1 sdt baking powder 
  • 1 sdt soda kue
  • ( ayak jadi satu )

Cara membuat Bolu karamel aka Sarang Semut:

  1. Panaskan oven suhu 170'c , oles loyang segi empat uk. 20x7cm dengan margarin taburi terigu tipis² , sisihkan.
  2. Tempatkan bahan D diwadah besar,
  3. Tuang bahan C sedikit sedikit sambil diaduk melingkar dengan whisk.
  4. Masukan bahan A aduk hingga rata dan tidak bergerindil.
  5. Terakhir tuang bahan B aduk rata.
  6. Tuang adonan ke loyang, panggang sampai matang.


Tips membuat bolu caramel:

  1. Ayak tepung sebelum digunakan agar tepung tidak menggumpal dan lebih mudah menyatu dengan adonan. 
  2. Gunakan baking powder dan baking soda yang masih fresh dan bagus ini akan sangat berpengaruh dengan terbentuknya sarang pada bolu.
  3. Baking soda double acting memiliki daya kerja dua kali lipat dari baking powder biasa, gandakan takarannya jika menggunakan baking powder biasa.
  4. Untuk mengoles loyang agar merata, cairkan mentega diatas wajan lalu beri tepung terigu aduk sampai rata baru kemudian dioleskan dengan kuas ke seluruh permukaan loyang. 
  5. Hindari penggunaan mixer dalam waktu lama untuk mencampur adonan, cukup diaduk dengan whisker saja. Jika menggunakan mixer adonan cenderung mengembang hasilnya akan mirip textur bolu dna tidak bersarang.
Bagaimana bunda tentang artikel Resep Cara Membuat Bolu Karamel a.k.a Sarang Semut Super Lembut?
Perlu inovasi dan kreatifitas pada menu makan didalam keluarga, apalagi jika bunda masih memiliki buah hati yang perlu banyak asupan gizi dan makan sehat agar tumbuh kembang anak semakin baik dan menjadikan keluarga bunda tetap sehat dan semangat dalam beraktifitas.
Jangan lupa untuk bookmark dan dishare ya kepada teman-teman di sosial media.